kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

iPhone 16 Resmi Diluncurkan, Berikut Fitur dan Harganya

iPhone 16 Resmi Diluncurkan, Berikut Fitur dan Harganya
iPhone 16 yang resmi diluncurkan (Dok : Int).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Seri iPhone 16 resmi diluncurkan pada 00.00 WIB, Selasa (10/09) dini hari kemarin. Peluncuran itu disiarkan langsung di channel YouTube resmi Apple.

Terpantau, harga seri iPhone lawas sudah turun drastis. Berdasarkan pantauan KabarMakassar di laman iBox, Rabu (11/09), Seri iPhone 15 yang dirilis pada akhir 2023 lalu turun sampai Rp2,8 jutaan di Indonesia.

Pemprov Sulsel

iPhone 16 yang diluncurkan dalam event ‘It’s Glowtime’ hadir dengan empat varian, yakni iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max yang akan tersedia di kanal penjualan Apple mulai 20 September mendatang, dengan pre-order dibuka mulai Jumat (13/09).

Dalam peluncuran ini, Apple merilis dua chipset sekaligus, yaitu A18 yang dipakai di iPhone 16 dan 16 Plus serta A18 Pro yang dipakai di iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max.

Apple A18 Pro adalah chip yang dibuat menggunakan proses node 3nm, tepatnya 3nm generasi kedua yang semestinya lebih rapi dan efisien dibanding generasi pertamanya.

Apple menjanjikan A18 Pro mempunyai CPU paling kencang dibanding CPU smartphone lain.

Dibanding CPU A17 Pro, performanya 15% lebih kencang dan mengkonsumsi daya 20% lebih irit.

Selain itu, GPU-nya menggunakan arsitektur chip desktop, yang diklaim lebih kencang 20% dibanding pendahulunya dan bisa mengolah ray tracing dua kali lebih kencang.

Tentu saja tak lupa kemampuan AI-nya ditingkatkan. Neural processing unit (NPU) kini punya 16 core yang punya kemampuan komputasi 35 TOPS dan bandwidth memori 17% lebih besar. Atau dua kali lebih kencang dan efisien dibanding pendahulunya.

Seri iPhone 16 membawa sejumlah perubahan dibandingkan pendahulunya. Salah satunya adalah tambahan tombol baru pada iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

Keduanya memiliki tombol aksi, seperti iPhone 15 Pro, dan tombol baru lainnya. Tombol baru itu untuk mengambil gambar dan video, serta menyesuaikan pengaturan.

Tampilan tata letak kamera juga dibuat berbeda. Setelah beberapa seri sebelumnya diletakkan zigzag, kali ini dijejer ke bawah.

Sementara itu untuk dua model Pro memiliki layar lebih luas. iPhone 16 Pro berukuran 6,3 inci, sementara Pro Max menjadi yang paling jumbo mencapai 6,9 inci.

Sama seperti dua ponsel lainnya, Pro dan Pro Max dari iPhone 16 juga punya tombol pengambilan gambar baru. Seri ini didukung chip A18 Pro, dan khusus versi Pro Max memiliki ketahanan baterai yang lebih lama.

Model Pro juga mendapatkan kamera telefoto 5x, sama seperti Pro Max. Desain kameranya tetraprisma digunakan bersama sensor ultrawide 48 MP dan kamera fusion sebesar 48 MP.

Apple Intelligence juga resmi disematkan pada seri iPhone 16. Sejumlah fitur berbasis AI hadir dalam ponsel, seperti membuat emoji khusus atau mencari gambar.

Tombol Camera Control hadir dengan fitur baru yang disebut Visual Intelligence. Ini akan mencari hal yang dipotret secara otomatis dan mengambilnya seperti foto konser.

Berikut rincian harga iPhone 16 saat peluncuran global:

  • iPhone 16: mulai US$799 (setara Rp12,3 jutaan).
  • iPhone 16 Plus: mulai US$899 (setara Rp13,8 jutaan).
  • iPhone 16 Pro: mulai US$999 (setara Rp15,4 jutaan).
  • iPhone 16 Pro Max: mulai US$1.199 (setara Rp18,5 jutaan).

Sebagai catatan, harga untuk pasar Indonesia kemungkinan besar akan berbeda dan lebih mahal dikarenakan pengenaan bea impor dan pajak.

PDAM Makassar
Penulis: AndiniEditor: Gusti Ridani