kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Indira Yusuf-Ilham Ari Kantongi B1-KWK dari PKB

Indira Yusuf-Ilham Ari Kantongi B1-KWK dari PKB
Indira Yusuf Ismail menerima formulir model B1-KWK dari DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jakarta (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Bakal calon pasangan (bapaslon) Wali Kota Makassar 2024, Indira Yusuf Ismail dan Ilham Ari Fauzi A. Uskara, menjadi kandidat pertama yang memastikan tiket partai politik (parpol) untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal ini terwujud setelah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyerahkan surat model Persetujuan Parpol KWK atau B1-KWK untuk Indira-Ilham.

Pemprov Sulsel

Sekretaris DPC PKB Makassar Noval A. Makmur mengatakan, surat model B1-KWK untuk Indira-Ilham diserahkan di kantor DPP PKB, Jakarta, Senin (12/08).

“Jadi kemarin itu, DPP PKB sudah menyerahkan Formulir Model Persetujuan Parpol KWK ke ibu Indira-Ilham. Saat itu, Ketua DPC PKB Makassar mendampingi langsung,” ujar Noval dalam keterangan tertulis, Rabu (14/08).

Dengan dokumen itu, Indira-Ilham secara resmi mengendarai PKB yang punya 5 kursi di DPRD Makassar hasil Pemilu 2024. Pada Kamis, 8 Agustus, Indira-Ilham juga menerima surat B1-KWK dari Partai Persatuan Pembangunan atau PPP. Partai berlambang Kakbah meraih 5 kursi di parlemen.

Dukungan kedua partai menjadikan Indira-Ilham kandidat pertama Pilkada Makassar yang mencukupkan syarat dengan format B1-KWK. Pasangan ini berpeluang mengamankan 15 kursi jika PDI Perjuangan memfinalkan dukungannya.

Formulir model B1-KWK merupakan surat yang diterbitkan pengurus pusat partai dan dokumen yang sah untuk digunakan mendaftar ke KPU. Hal itu sesuai PKPU nomor 8 tahun 2024. Syarat paslon wali kota Makassar minimal didukung atau diusung 10 kursi partai di DPRD hasil Pemilu 2024.

Sementara itu jelang kontestasi Pilwalkot Makassar 2024 yang dihelat 27 Nopember mendatang, partai amanat nasinal (PAN), Partai Hanura maupun Demokrat dan PKS sejauh ini belum menentukan sikap pada Pilkada Makassar 2024.

PKS masih menugaskan Amri Arsyid sebagai bacalon wali kota Makassar. Selain itu, Demokrat menugaskan Adi Rasyid Ali dan Rahman Bando. Sementara Partai Hanura cenderung cocok dengan Appi-Aliyah. Bagaimana PAN? Partai besutan Zulkifli Hasan tersebut masih merahasiakan jagoannya di Makassar.

Sebelumnya, Indira Yusuf Ismail-Ilham Ari Fauzi A. Uskara secara resmi mendapatkan tiket untuk maju di Pilwalkot Makassar 2024 menyusul Surat Keputusan (SK) pencalonan dari DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Surat tersebut diserahkan langsung Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PPP, Ermalena yang diterima langsung oleh Indira Yusuf Ismail bersama Ilham Ari Fauzi di Kantor DPP PPP, Jakarta, Kamis (8/8).

Kemudian disaksikan Waketum DPP PPP Amir Uskara, Ketua PPP DPW Sulawesi Selatan (Sulsel) Imam Fauzan A. Uskara, Sekertaris PPP Makassar Rahmat Taqwa, serta pengurus PPP Faisal Sahabuddin dan Fadil Azhari.

“Selamat bertarung, semoga menang,” ucap Ermalena saat menyerahkan SK.

Dia juga mengatakan, sosok Indira bukan hanya sekadar perwakilan perempuan yang maju pada Pilkada 2024. Namun, kans untuk menang sangat terbuka karena beberapa keunggulan yang dimiliki.

“Insya Allah 2024 beliau (Indira Yusuf Ismail) akan menjadi wali Kota Makassar sesungguhnya,” harapnya.

Sementara itu, sebelumnya pasangan bakal Calon Wali Kota Makassar 2024 Indira Yusuf Ismail dan Ilham Ari Fauzi telah mengantongi SK dari partai PKB yang memiliki 5 kursi.

Dengan begitu, bila digabungkan dengan PPP yang juga memiliki 5 kursi cukup untuk mendaftarkan di KPU maju Pilwalkot Makassar.

“Semoga dengan koalisi ini bisa bersatu meraih kemenangan dalam kontestasi pilkada serentak,” ujar Amir Uskara saat dikonfirmasi, Jumat (9/8).

PDAM Makassar