kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Sambut HUT RI, Dukcapil Jeneponto Ajak Warga Lakukan Aktivasi IKD

Sambut HUT RI, Dukcapil Jeneponto Ajak Warga Lakukan Aktivasi IKD
Ilustrasi Aplikasi IKD (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-79, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Jeneponto bakal melakukan proses Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Rencananya, proses aktivasi ini akan menyasar para peserta Car Free Day (CFD) dan Jalan Santai di pelataran jalan Lanto Daeng Pasewang, Kantor Bupati Jeneponto. Minggu (11/08).

Pemprov Sulsel

“Besok diperkirakan, ribuan peserta jalan santai, dan kami target sekitar 500 lebih peserta untuk melakukan proses aktivasi IKD sebagai rangkaian Peringatan HUT RI ke-79,” ucap Kadis Dukcapil Jeneponto, Mustaufiq. Sabtu (10/08).

Nantinya saat proses aktivasi dilakukan, pihaknya akan menerjunkan semua tim dalam acara tersebut.

Untuk mendapatkan pelayanan ini, para peserta tetap diberi kemudahan, hanya cukup membawa Handphone dan mendownload aplikasi IKD.

Selanjutnya, para peserta juga diminta membawa e-KTP kemudian para peserta akan dipandu petugas untuk melakukan proses aktivasi.

Apabila proses aktivasinya sudah sukses maka masyarakat akan lebih mudah dalam mengakses e-KTP.

“Penggunaan aplikasi IKD ini memudahkan bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengakses administrasi kependudukannya melalui handphone android yang dimiliki,” jelas Mustaufiq.

Mustaufiq juga tak memungkiri pihaknya harus lebih massif di masyarakat dengan penggunaan aplikasi ini. Tak terkecuali kata dia, dibeberapa event-event sebelumnya.

Menurutnya, hal ini dilakukan dengan mengikuti kemajuan teknologi digital saat ini, Disamping simpel, juga tidak membutuhkan waktu lama untuk mengaksesnya.

Dengan diberinya kemudahan ini, maka pihaknya mengajak seluruh masyarakat baik itu ASN TNI, Polri untuk menggunakan Aplikasi IKD dengan memfungsikan fasilitas HP masing masing.

“Karena dengan IKD kita akan dapat mengakses seluruh identitas kependudukan masing masing guna keperluan administrasi apapun dan dimanapun. Manfaatkan kesempatan yang ada dan jangan lepas peluang yang sudah pasti,” tuturnya.

PDAM Makassar