kabarbursa.com
kabarbursa.com

Dukcapil Makassar Buka Layanan Akhir Pekan Lewat Weekend Service

Dukcapil Makassar Buka Layanan Akhir Pekan Lewat Weekend Service
Ilustrasi Identitas Kependudukan Digital (Dok : Int).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar kini menghadirkan layanan khusus pada akhir pekan melalui program Weekend Service. Program ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang kesulitan mengurus dokumen kependudukan di hari kerja.

Weekend Service dibuka setiap Sabtu dan Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 12.00 Wita. Menurut Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Muhammad Hatim, inisiatif ini diambil untuk merespons kebutuhan masyarakat Kota Makassar yang beragam, terutama mereka yang memiliki keterbatasan waktu selama hari kerja.

Pemprov Sulsel

“Kami melihat ada banyak kelompok masyarakat yang memerlukan layanan di luar hari kerja, seperti ibu rumah tangga, pelajar, dan pekerja swasta,” jelas Hatim.

Ia menambahkan, layanan ini adalah solusi untuk mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan, sehingga tidak lagi terhalang oleh keterbatasan waktu selama hari kerja.

“Program ini kami hadirkan untuk memastikan pelajar dan pekerja sektor swasta bisa mendapatkan pelayanan yang mereka butuhkan di akhir pekan,” pungkas Hatim.

Sebelumnya, Dukcapil juga menjadikan Identitas Kependudukan Digital (IKD), menjadi salah satu program yang dimaksimalkan pada tahun 2024 ini, terutama di Kota Makassar.

Hatim, menyebut saat ini pengguna IKD sudah mendekati 100 ribu orang dengan mayoritas pengguna masyarakat umum dan pegawai pemerintahan.

“Sudah sekitar 10 persen yang menggunakan baik masyarakat maupun pegawai,” ujarnya saat dihubungi, Senin (1/4).

Hatim menyebut meski belum memiliki data persentase umur mayoritas pengguna IKD, pihaknya akan terus memasifkan sosialisasi aplikasi digital pengganti KTP-el ini.

Dalam rangka meningkatkan keaktifan penggunaan, sosialisasi IKD dilakukan secara langsung di berbagai tempat keramaian seperti pusat berbelanjaan (mall) dan Car Free Day (CFD).

“Ini istilahnya kita menjemput bola agar masyarakat semakin aktif menggunakan IKD, kita akan datangi tempat-tempat keramaian juga,” lanjutnya.

Dengan adanya upaya sosialisasi ini, diharapkan penggunaan IKD akan semakin meluas di kalangan masyarakat Kota Makassar, memberikan manfaat yang lebih besar dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

PDAM Makassar