kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Raih Kursi Terbanyak, Nasdem Tunjuk Supratman Jadi Ketua DPRD Makassar

DPRD Makassar Desak Pemkot Segera Temukan Upayah Penurunan Angka Stunting
Ilustrasi DPRD Makassar (Dok: KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Jabatan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar di pimpin oleh legislator partai Nasdem Supratman, dan tiga wakil ketua DPRD berasal dari partai Golkar, PKS, dan Gerindra.

Diketahui, keempat partai politik tersebut merupakan parpol yang mendapatkan perolehan kursi tertinggi di DPRD Makassar. Dan telah mengajukan masing-masing nama calon pemimpin definitif beberapa hari lalu.

Pemprov Sulsel

Sementara Nasdem menjadi parpol dengan perolehan kursi tertinggi dengan meraih 8 kursi atau 94.756 suara. Sehingga kursi pimpinan DPRD Makassar akan diduduki oleh legislator NasDem.

Sedangkan tiga wakil ketua, masing-masing ditempati Golkar, PKS, dan Gerindra. Ketiga parpol tersebut memperoleh kursi yang sama yaitu 6 kursi.

Untuk lebih rinci perolehan suara masing-masing parpol, yaitu Golkar meraih 97.209 suara. Kemudian, PKS meraih 79.670 suara, dan Gerindra meraih 75.758 suara.

Diketahui, pimpinan DPRD Makassar terdiri dari satu ketua dan tiga wakil ketua, yang berasal dari parpol dengan urutan perolehan kursi terbanyak. Hal itu merujuk Pasal 376 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Untuk legislator yang di tunjuk oleh partai NasDem sebagai ketua DPRD Makassar, yakni Supratman. Ia juga menjabat Ketua DPRD Makassar sementara yang ditunjuk saat pelantikan pada Jumat 9 September 2024 lalu.

Supratman merupakan legislator petahana dari Dapil Makassar IV yang meliputi Kecamatan Panakkukang dan Manggala dengan perolehan 8.786 suara. Dan ini menjadi periode ketiganya menjabat di DPRD Makassar.

“Iya betul Supratman. Untuk penilaian dan sebagainya itu oleh DPP,” kata Sekretaris Nasdem Makassar, Ari Ashari Ilham saat dikonfirmasi, Minggu (29/09).

Sementara itu, Ketua Golkar Makassar, Munafri Arifuddin mengatakan pihaknya mengusulkan Andi Suharmika sebagai Wakil Ketua DPRD definitif.

“Pak Suharmika karena beliau merupakan petahana jadi tidak perlu lagi beradaptasi. Kami anggap beliau punya kapasitas. Dari awal saya katakan kita butuh yang berpengalaman,” kata appi sapaan akrabnya.

Suharmika juga merupakan legislator petahana dari Dapil Makassar III yang meliputi Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya. Pada Pileg lalu, dia memperoleh 7.691 suara.

Untuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mengusulkan Anwar Faruk sebagai Wakil Ketua DPRD Makassar. Anwar juga merupakan legislator petahana dari periode 2019-2024 lalu, pada Dapil Makassar I yang meliputi Kecamatan Ujung Pandang dan Rappocini. Di dapilnya, dia berhasil meraup 3.203 suara.

Terakhir, Partai Gerindra mengusulkan Eric Horas legislator dari Dapil Makassar I dengan raihan 7.536 suara. Eric Horas juga tak lain adalah Ketua Partai Gerindra Makassar.

Diketahui, Eric Horas sudah pernah mempunyai pengalaman sebagai Wakil Ketua DPRD Makassar pada periode 2014-2019. Namun, pada periode 2019-2024, dia gagal mempertahankan posisinya lantaran Gerindra tidak masuk jajaran parpol pemenang.

PDAM Makassar