kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

DPP Demokrat Rekomendasi 7 Kandidat di Sulsel

DPP Demokrat Rekomendasi 7 Kandidat di Sulsel
Ketua DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat menyerahkan tujuh rekomendasi untuk pilkada serentak di Sulsel. Dok IST
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat menerbitkan rekomendasi dukungan kepada tujuh pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati serta bakal calon wali kota dan wakil wali kota Pilkada Serentak 2024 di Sulawesi Selatan.

Dimana sebelumnya rekomendasi dukungan tersebut diserahkan langsung Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Kamis (25/7).

Pemprov Sulsel

Mereka yang mengendarai partai berlambang bintang Mercy di Sulsel antara lain, bakal paslon Bupati dan wakil Bupati Gowa, Darmawangsyah Muin-Rismawati Kadir Nyampa. Di DPRD Gowa, Demokrat meraih 2 kursi hasil Pemilu 2024.

Setiap paslon yang akan maju di daerah ini wajib mengantongi dukungan minimal 9 kursi partai. Darmawangsyah Muin merupakan Sekretaris DPD Partai Gerindra Sulsel.

Sementara Rismawati Kadir Nyampa adalah Ketua DPC Demokrat Gowa. Daerah lainnya di Kabupaten Kepulauan Selayar, Demokrat mengusung duet Muhammad Nasir Ali-Muhtar sebagai bakal paslon bupati dan wakil bupati.

Kursi mercy di Selayar hanya 1. Adapun syarat mengusung minimal 5 kursi. Kemudian di Kabupaten Bone. Demokrat resmi mengusung pasangan Andi Asman Sulaiman-Andi Akmal Pasluddin sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati. Partai mercy di Bumi Arung Palakka punya 4 kursi.

Pasangan ini juga diusung Partai Nasdem yang meraih 4 kursi di DPRD Bone. Duet Asman-Akmal tinggal butuh tambahan 1 partai untuk mencukupkan syarat maju Pilkada Bone.

Dikonfirmasi KabarMakassar.com, Selasa (30/7), Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel Ni’matullah mengatakan, partainya tidak langsung menyerahkan rekomendasi kepada kandidat yang akan maju pada 24 kabupaten kota.

“Sistemnya kita tujuh daerah dulu, kemudian 10 daerah dan nanti selanjutnya 7 daerah lagi kita serahkan rekomendasi B1-KWK,” kata Ni’matullah.

Sementara untuk bakal calon gubernur Sulsel, DPP Demokrat telah melabuhkan dukungan kepada duet Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi.

Berikut ini 7 pasangan calon kepala daerah usungan Demokrat di Sulsel:

Pilkada Bone: Andi Asman Sulaiman-Andi Akmal Pasluddin

Pilkada Enrekang: Muh Yusuf R-Andi Tenri Liwang La Tinro

Pilkada Kepulauan Selayar: Muhammad Nasir Ali-Muhtar

Pilkada Wajo: Andi Rosman-Baso Rochmanuddin

Pilkada Kota Palopo: Trisal Tahir-Putri Dakka

Pilkada Kota Parepare: Erna Rasyid-Andi Rachmat

Pilkada Gowa: Darmawangsyah Muin-Rismawati Kadir Nyampa

Sementara itu, Lembaga Survey Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis survei terbarunya jelang kontestasi Pilkada Soppeng 2024 yang dihelat serentak pada 27 November mendatang.

Dimana dalam rilisnya, Jumat (12/7) lalu, SMRC menyatalan melakukan survei di Soppeng pada Mei 2024.

“Hasilnya memang belum kami rilis resmi dan baru kali ini kami sampaikan,”ungkap Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani dalam keterangannya.

Deni menjelaskan bahwa mayoritas pemilih di Soppeng, 65%, baru akan menentukan pilihan saat pilkada sudah dekat.

Dani menyebut yakni beberapa minggu sampai hari–H pemilihan, kendati begitu, ada juga yang mengaku sudah menentukan pilihan beberapa bulan atau lebih dari setahun sebelum hari-H, ada 32%, dan yang tidak menjawab hanya 2%.

Menurut Deni, SMRC sudah memetakan kekuatan elektoral calon-calon yang kemungkinan akan berpasangan dalam Pilkada Soppeng mendatang.

Dalam pengukuran terhadap kemungkinan figur A dan B untuk berpasangan sudah dilakukan pada survei kali ini. Hal itu untuk memetakan peluang para kandidat mengukur kekuatan elektoral calon bupati dan calon wakil bupati sekarang ini (jika seandainya mereka berpasangan dan pilkada dilaksanakan saat ini).

Dalam simulasi pasangan calon, jika pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng dilaksanakan saat survei diadakan (21-29 Mei 2024), pasangan Suwardi Haseng- Selle KS Dalle unggul 35%, Andi Mapparemma-Andi Adawiah 24.7%, dan pasangan Luthfi Halide-Andi Muh Farid Kaswadi 19.6%. Responden yang menjawab tidak tahu sebanyak 20.7%.

Jika mengerucut hanya dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan berkontestasi di Pilkada Soppeng, maka pasangan Suwardi Haseng-Selle KS Dalle mendapatkan dukungan 44% dan Andi Mapparemma-Andi Adawiah 30.7%, dan responden yang menjawab tidak tahu 24.9%.

Dimana diketahui, Suwardi Haseng dan Selle KS Dalle merupakan jagoan Demokrat untuk kontestasi Pilkada Soppeng yang dihelat 27 Nopember mendatang.

”Dalam simulasi pasangan jika diikuti tiga atau dua pasangan calon, maka semakin sedikit pasangan calon dapat berpengaruh kepada penguatan dukungan masing-masing pasangan yang ikut dalam kontestasi pilkada Soppeng mendatang,”ujar Deni

“Hasil itu tak berbeda atau mirip dengan hasil survey yang bocor ke publik dalam beberapa hari ini,”sambungnya.

Selain itu, Deni juga menjelaskan tentang metodologi Survey, Sampel digunakan sebanyak 810 responden dipilih secara acak dengan metode stratified multistage random sampling dengan jumlah proporsional dari populasi tersebut.

“Toleransi kesalahan (margin of error) survei diperkirakan ±3.5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Wawancara survei dilakukan pada 21 – 29 Mei 2024,”jelasnya.

Sementara di survei perorangan, Andi Mapparema dan Suwardi Haseng mendapatkan dukungan teratas pada simulasi pilihan terbuka, jarak keduanya sangat tipis yaitu hanya 1.1%.

Lebih jauh Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani menjelaskan bahwa dalam simulasi pilihan terbuka responden diberikan pertanyaan seandainya pemilihan Bupati Soppeng dilaksanakan hari ini tanpa diberitahukan nama-nama pilihan calon bupati.

PDAM Makassar