kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

BMKG Sulsel Bantu Kelancaran Pilkada Lewat Informasi Cuaca

BMKG Sulsel Bantu Kelancaran Pilkada Lewat Informasi Cuaca
Ilustrasi cuaca (Dok: KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Sulawesi Selatan (Sulsel) berupaya memaksimalkan informasi cuaca lebih terkini untuk membantu kelancaran Pilkada serentak 2024.

Kepala Balai BMKG Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet mengatakan pihaknya turut mendukung suksesnya Pilkada kali ini. Olehnya, informasi cuaca dianggap penting apalagi jika sudah memasuki jadwal pendistribusian surat suara dan masa kampanye.

Pemprov Sulsel

“Saya harapkan informasi cuaca bisa memberikan kepada rekan-rekan kita mulai dari KPU sampai tempat lain yang akan mendistribusikan kartu suara maupun kotak suara atau yang mau berkampanye di beberapa tempat itu kita berikan informasi, baik kondisi cuaca, kondisi iklim, dan apakah berpotensi menjadi cuaca yang ekstrim,” jelasnya baru-baru ini.

Informasi cuaca itu, kata dia, akan disebarluaskan secara cepat dan terkini tanpa ada hambatan terkhusus di wilayah kepulauan.

Menurut Irwan, wilayah kepulauan mesti mendapat informasi cuaca lebih cepat. Dengan begitu, dapat mengantisipasi cuaca buruk saat pendistribusian sarana dan prasarana Pilkada maupun kampanye pasangan calon kepala daerah.

“Bagi rekan-rekan yang ada di wilayah kepulauan, yang semestinya jika mereka membutuhkan informasi iklim untuk keselamatan maka kita harus memberikan layanan yang tepat yang cepat,” jelas Irwan.

“Saya lihat dari tim kepolisian, pemilu, untuk mendistribusikan kotak suara, mendistribusikan hasil pemungutan suara, memberikan informasi pada rekan-rekan berkampanye,” tambahnya.

BMKG, ditegaskannya, ingin Pilkada serentak 2024 berlangsung dengan lancar. Paslon maupun penyelenggara pemilihan bisa melakukan agendanya tanpa terkendala cuaca.

“Agar semua selamat dan bisa melaksanakan pesta demokrasi dengan sebaik-baiknya. Kita dukung mereka dengan data dan informasi mereka yang cepat, akurat dan mudah dipahami,” tegasnya.

“Untuk kita semua sehingga pesta demokrasi yang kita lakukan nanti ini berjalan dengan tertib, damai, dan selamat. Tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan dan semua berjalan baik,” tuturnya.

Kepala Stasiun Klimatologi Sulsel, Ayi Sudrajat menyebut jika prediksi cuaca yang dilakukan telah disebarkan ke seluruh stakeholder terkait.

“Apa yang kita buat, apa yang kita prediksikan ini sudah kami sebarkan ke seluruh stakeholder terutama memang kolega kami BPBD masing-masing kabupaten kota,” ucapnya.

Mulai BPBD provinsi hingga BPBD kabupaten kota, kata Ayi, telah diberikan informasi terkini agar dapat melakukan antisipasi sebelum melaksanakan kegiatan tertentu.

Ia mengatakan apabila informasi telah diberikan maka hal paling penting adalah tindaklanjut dari informasi tersebut agar dapat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Apa yang kami lakukan dan sampaikan akan terasa manfaatnya, apabila di implementasikan dalam kegiatan di masing-masing wilayah,” pungkasnya.

PDAM Makassar