kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Berikut 7 Legislator Sulsel Masuk Komposisi Banggar DPR RI

Berikut 7 Legislator Sulsel Masuk Komposisi Banggar DPR RI
Ruang Paripurna DPR RI Kawasan Senayan Jakarta.
banner 468x60

KabarMakassar.com — Tujuh anggota DPR RI periode 2024-2029 dari daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Selatan (Sulsel) dipercaya partainya masuk dalam badan anggaran atau Banggar.

Dimana DPR RI telah menetapkan komposisi alat kelengkapan dewan (AKD) yang terdiri dari komisi-komisi maupun badan-badan.

Pemprov Sulsel

Penetapan komposisi AKD komisi maupun badan DPR RI diputuskan dalam rapat paripurna di Senayan, Jakarta, Selasa (22/10).

Komisi di DPR RI untuk periode ini terdiri dari 13 seiring bertambahnya jumlah kementerian dan lembaga. Sementara badan-badan di DPR RI berjumlah 7 terdiri dari Badan Anggaran, Badan Legislasi, Badan Kerjasama Antar Parlemen dan Badan Urusan Rumah Tangga.

Kemudian, Badan Akuntabilitas Keuangan Negara, Mahkamah Kehormatan Dewan dan Badan Aspirasi Masyarakat.

Adapun tujuh anggota DPR RI Dapil Sulsel yang masuk dalam Banggar salah satunya adalah Taufan Pawe yang berasal dari Fraksi Golkar Dapil Sulsel 2.

Selain itu ada nama legislator Fraksi Gerindra asal Dapil Sulsel 2 Andi Amar Ma’ruf Sulaiman. Banggar DPR RI dipimpin oleh legislator Fraksi PDIP, Said Abdullah.

Seperti dilihat pada laman DPR RI, Banggar bertugas membahas bersama Pemerintah yang diwakili oleh menteri untuk menentukan pokok-pokok kebijakan fiskal umum dan prioritas anggaran untuk dijadikan acuan bagi setiap kementerian/lembaga dalam menyusun usulan anggaran.

Selain itu, Banggar DPR RI juga bertugas menetapkan pendapatan negara bersama Pemerintah dengan mengacu pada usulan komisi terkait.

Selain itu, Banggar DPR RI juga membahas rancangan undang-undang tentang APBN bersama Presiden yang dapat diwakili oleh menteri dengan mengacu pada keputusan rapat kerja komisi dan Pemerintah mengenai alokasi anggaran untuk fungsi, program, dan kegiatan kementerian/lembaga.

Berikut ini 7 legislator DPR RI Dapil Sulsel yang masuk sebagai anggota Banggar:

1. Taufan Pawe (Fraksi Golkar/Dapil Sulsel 2)

2. Hamka B. Kady (Fraksi Golkar/Dapil Sulsel 1)

3. Andi Amar Ma’ruf Sulaiman (Fraksi Gerindra/Dapil Sulsel 2)

4. Rusdi Masse (Fraksi Nasdem/Dapil Sulsel 3)

5. Ismail Bahtiar (Fraksi PKS/Dapil Sulsel 2)

6. Ashabul Kahfi (Fraksi PAN/Dapil Sulsel 1)

7. Andi Muzakkir Aqil (Fraksi Demokrat/Dapil Sulsel 2)

PDAM Makassar