kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Appi-Aliyah Menguat, Golkar Siap Koalisi Demokrat dan Perindo

Appi Beberkan Alasan Gandeng Aliyah di Pilwalkot 2024
Pasangan Appi-Aliyah menguat di Pilwali Makassar (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Bakal calon Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin (Appi) hampir pasti memilih Aliyah Mustika Ilham sebagai pendampingnya jelang kontestasi Pilkada serentak 2024 yang dihelat 27 November mendatang.

Kepastian ini semakin menguat setelah Munafri, yang akrab disapa Appi, mengungkapkan bahwa dirinya telah mendapatkan restu dari Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Pemprov Sulsel

Restu ini didapatkan setelah Appi menemui Airlangga di Jakarta pada Selasa malam (30/7). Pertemuan tersebut berlangsung di rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Ekonomi di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Kesempatan tersebut dihadiri sejumlah pengurus teras Partai Golkar mendampingi Airlangga, seperti Lodewijk F. Paulus, Ahmad Doli Kurnia, Erwin Aksa dan Rizal Mallarangeng.

Sementara Appi didampingi Anggota DPRD Makassar, Andi Suharmika. Appi melaporkan dirinya telah mengamankan 10 kursi sebagai syarat minimal maju di Pilwali Makassar 2024.

Dalam video yang beredar, di hadapan Airlangga Hartarto, Appi menyebut nama Aliyah Mustika Ilham sebagai calon pendampingnya.

“Jadi wakilnya?” tanya Airlangga kepada Appi, seperti video yang diterima awak media.

“Istrinya Pak Aco (Ilham Arief Sirajuddin), Ibu Aliyah anggota DPR RI Partai Demokrat,” jawab Appi.

Meski begitu, Appi mengaku, masih menunggu jadwal resmi DPP Partai Golkar menyerahkan surat rekomendasi.

“Untuk proses penyerahan rekomendasi masih menunggu jadwal karena yang diproses seluruh Indonesia, bukan hanya Makassar,” kata Appi.

Jika paket Appi-Aliyah terwujud, maka ini menandakan koalisi antara Golkar dan Demokrat. Selain itu, Appi juga mengklaim telah mendapatkan satu kursi dari Perindo.

Dengan koalisi Golkar (6 kursi), Demokrat (3 kursi), dan Perindo (1 kursi), Appi otomatis telah memenuhi syarat 20 persen pengusungan untuk bertarung di Pilwali Makassar 2024.

Saat dikonfirmasi, Aliyah Mustika Ilham yang disebut bakal berpaket dengan Appi mengaku semuanya masih berproses. Termasuk rekomendasi Partai Demokrat yang merupakan tempat Aliyah bernaung.

“Insya Allah masih berproses semuanya. Demokrat, lagi berproses,” tutur Aliyah, Rabu (31/7).

Sementara itu, dinamika jelang kontestasi Pilwali Makassar 2024 semakin meningkat menjelang pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada Agustus mendatang.

Salah satu bakal calon Wali Kota, Andi Seto Asapa, kini ramai diperbincangkan terkait siapa yang akan mendampinginya, bahkan hingga muncul isu melawan kotak kosong.

Mantan Bupati Sinjai itu sendiri ramai diisukan akan berpaket dengan politisi perempuan dari partai NasDem Rezki Mulfiati Lutfi. Anggota DPRD Sulsel dua periode dapil Makassar B itu disebut calon kuat untuk mendampingi Andi Seto.

Sekretaris Tim Pemenangan Andi Seto Asapa, Illank Radjab menegaskan soal calon pendamping Andi Seto sejauh ini belum diputuskan.

Bahkan, isu Andi Seto berpasangan Rezki di Pilwalkot Makassar kata Illank hanya isu belaka dari sejumlah kelompok.

“Jadi saat ini belum ada diputuskan sama sekali siapa yang akan menjadi calon 02 (Andi Seto),” tegasnya, Rabu (24/7) lalu.

PDAM Makassar