kabarbursa.com
kabarbursa.com

Pj Gubernur Resmi Lantik 7 Komisioner KPID Sulsel

Pj Gubernur Resmi Lantik 7 Komisioner KPID Sulsel
Pelantikan 7 Komisioner KPID Sulsel di Kantor Gubernur Sulsel (Dok: Nofi KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Zudan Arif Fakrulloh melantik 7 Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel di Kantor Gubernur Sulsel pada Rabu (09/10). Ia meminta kepada para Komisioner KPID Sulsel agar dapat mendorong masyarakat untuk memilah dan memilih berita yang sehat.

Pelantikan KPID Sulsel yang dilaksanakan tersebut sesuai dengan SK Gubernur Sulawesi Selatan No. 1167/X/Tahun 2024. Acara itu turut dihadiri oleh Sekretaris Provinsi Sulsel, Jufri Rahman dan sejumlah Kepala OPD Sulsel.

Pemprov Sulsel

Prof Zudan mengaku, KPID Sulsel telah dilantik sesuai dengan perintah yang ada dalam peraturan KPI, yang diatur tentang kelembagaan KPI Pusat dan KPI daerah.

“Proses ini sudah panjang dari 2023 dan yang terakhir proses di DPRD. DPRD mengirimkan 7 nama, sesuai dengan peraturan KPI yang dimaksud. 7 nama itu untuk ditetapkan secara administratif oleh Gubernur dengan Keputusan Gubernur,” ujarnya.

Ia melanjutkan, dari peraturan KPI itu Gubernur tidak boleh menetapkan selain yang sudah dikirimkan oleh DPRD Sulsel.

“Itulah makna yang sesuai dengan menetapkan secara administratif,” tukasnya.

Ia juga memberi contoh, jika dalam praktik pemerintahan itu seperti dengan hasil pemilu.

“Semua yang sudah ditetapkan oleh KPU atau KPU daerah, pemerintah tinggal melanjutkan, membuatkan SKnya, agar anggota DPRD bisa mendapatkan gaji, hak protokoler dan hak keuangan,” tukasnya.

Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan juga menuturkan agar tambahan pekerjaan yang telah di imbau yakni dapat mendorong masyarakat untuk mampu memilah dan memilih berita bisa dilaksanakan dengan baik.

“Karena berita itu adalah makanan bagi jiwa, bagi hati, agar masyarakat kita sehat untuk bisa memilih memilah-milah berita yang sehat,” terangnya.

Hal tersebut, kata Prof Zudan, termasuk berita di Pilkada, agar masyarakat memiliki kemampuan untuk menyaring berita yang cocok bagi dirinya dan yang tidak menimbulkan konflik batin bagi diri dan konflik bagi masyarakat. Termasuk mengunggah dan menyerap berita.

Untuk informasi, 7 Komisioner KPID Sulsel yang telah dilantik adalah Hamka, Irwan Ade Saputra, Marselius Gusti Palumpum, Nasruddin, Poppy Trisnawati, Abdi Rahmat, dan Ahmad Kaimuddin Ombe.

PDAM Makassar