kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

KPU Makassar Tetapkan RS Unhas Jadi Lokasi Pemeriksaan Kesehatan Paslon

KPU Makassar Tetapkan RS Unhas Jadi Lokasi Pemeriksaan Kesehatan Paslon
Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan, KPU Makassar, Sri Wahyuningsih (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Sulawesi Selatan secara resmi menetapkan Rumah Sakit Universitas Hasanuddin (RS Unhas) sebagai lokasi pemeriksaan pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota (Paslon Cawalkot) jelang kontestasi Pilwalkot 2024.

Dimana penatapan itu diambil setelah melihat beberapa pertimbangan dan menyesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan oleh KPU RI.

Pemprov Sulsel

Demikian diungkap Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan, KPU Makassar, Sri Wahyuningsih yang mengatakan bahwa pihaknya menetapkan RS. Unhas sebagai tempat pemeriksaan kesehatan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar.

Menurutnya bahwa pihaknya memilih rumah sakit tersebut berdasarkan beberapa perimbangan yang dilakukan dan berdasarkan hasil kunjungan yang dilakukan untuk melihat kesiapan RS tersebut.

“Jadi kami memilih RS itu alasannya tentu karena RS Unhas bisa memenuhi standar kualifikasi metode pemeriksaan yang ditentukan oleh surat KPU Nomor. 1099, juga biaya terjangkau,” ucap Sri saat dikonfirmasi, Sabtu (24/08).

Masih ia mengatakan bahwa dengan adanya RS yang telah ditentukan, jadi jika sesuai tahapan pemeriksaan kesehatan itu beririsan dengan pendaftaran.

“Dimana jadwalnya yaitu tgl 27 Agustus sampai dengan 2 September,” jelasnya.

Pihak juga akan berkoordinasi secara intens dengan pihak RS Unhas dan rencananya tanggal 25 Agustus akan melakukan koordinasi di RS Unhas soal alur pemeriksaan.

“Karena kita tentunya akan mengikut pada SOP yang ditetapkan RS Unhas,” katanya.

Dia menjelaskan untuk mekanisme pemeriksaannya itu diperiksa secara berpasangan. Dan waktunya menyesuaikan dengan pendaftaran calon.

“Untuk jadwal kami menyesuaikan jadwal pendaftarannya, sehari setelah mendaftar akan periksa kesehatan,” tuturnya.

Dikonfirmasi tekait jika ada yang tidak lolos dalam pemeriksaan ini apakah akan ada pemeriksaan ulang untuk memastikan atau sperti apa.

“Jadi ada mekanisme tersendiri. Dan tergantung bagaiman rekomendasinya dokter,” tandasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Makassar Muh Abdi Goncing menambahkan bahwa jelang pendaftaran paslon cawalkot pada 27 Agustus nanti, saat ini sejumlah kegiatan disiapkan oleh penyelenggara.

“Mulai hari ini 24 Agustus 2024, pukul 10.00 Wita akan dilaksanakan Rakor bersama Stakeholder terkait PKPU 8 di Hotel Claro. Selanjutnya akan dilaksanakan Rakor bersama pihak keamanan terkait tahapan pencalonan,” ujarnya Abdi Goncing.

Untuk agenda besok 5 Agustus 2024 pukul 09.00 Wita, akan dilaksanakan Simulasi Rikkes di Rumah Sakit dengan pihak keamanan. Kemudian, 26 Agustus 2024, pukul 10.00 Wita, akan dilaksanakan Simulasi Penerimaan Pendaftaran Calon di kantor KPU Kota Makassar.

PDAM Makassar