kabarbursa.com
kabarbursa.com

Wajib Tahu! 10 Makanan Ini Baik untuk Penderita Sakit Ginjal

Wajib Tahu! 10 Makanan Ini Baik untuk Penderita Sakit Ginjal
Ilustrasi buah apel (Dok: Int)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Orang dengan gangguan ginjal perlu menjaga asupan dengan mengonsumsi berbagai makanan yang baik untuk ginjal. Organ ini sendiri melakukan banyak fungsi penting, salah satunya adalah menyaring dan membuang limbah, seperti racun atau garam berlebih. Penderita sakit ginjal amat dianjurkan untuk melakukan pola makan khusus.

Membatasi konsumsi sodium, potassium, fosfor, dan protein penting untuk penderita, karena menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting agar organ tersebut dapat berfungsi dengan maksimal untuk tubuh.

Pemprov Sulsel

Dilansir dari Klikdokter yang menjadi mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berikut sejumlah makanan yang baik untuk penderita sakit ginjal, diantaranya adalah:

1. Kembang kol

Makanan yang baik untuk ginjal adalah kembang kol. Kandungan kalium yang ada di dalam kembang kol rendah, sehingga aman dikonsumsi untuk ginjal. Kembang kol juga mengandung sejumlah vitamin seperti C dan K, serta bisa menjadi sumber serat yang sehat.

2. Dada ayam tanpa kulit

Bagi anda yang mengalami masalah ginjal, sudah seharusnya membatasi asupan protein. Agar kebutuhan protein tetap tercukupi dan ginjal aman, dada ayam tanpa kulit dapat menjadi pilihan karena lebih sedikit fosfor, kalium, dan natrium. Pilihlah ayam yang segar dan perhatikan pengolahannya. Pengolahan dengan cara dibakar membuat ayam cenderung mengandung banyak natrium dan fosfor. Anda disarankan mengonsumsi sekitar 85 gram dada ayam tanpa kulit. Kandungannya antara lain 63 mg sodium, 216 mg kalium, dan 192 mg fosfor.

3. Putih telur

Putih telur merupakan makanan untuk penyakit ginjal yang mengandung protein berkualitas tinggi. Berbeda dengan kuning telur yang tinggi fosfor, putih telur ramah terhadap ginjal karena rendah fosfor.

Jika anda atau orang terdekat menderita penyakit ginjal, sebaiknya konsumsi 2 putih telur berukuran besar atau setara 66 gram. Porsi tersebut dapat mengandung sodium 110 mg, kalium 108 mg, dan fosfor 10 mg.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung termasuk jenis makanan untuk penderita penyakit ginjal tahap awal. Sayuran hijau kaya antioksidan dan baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Tetapi, sayuran hijau juga cenderung tinggi kalium, sehingga tidak cocok untuk pasien gangguan ginjal tahap lanjut dan menjalani hemodialisis.

5. Ikan salmon dan tuna

Salmon dan tuna termasuk makanan yang menyehatkan ginjal karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Tubuh tidak dapat membuat asam lemak omega-3 sendiri, sehingga harus didapatkan dari makanan. Lemak omega-3 dapat mengurangi kadar lemak jahat di dalam darah. Omega-3 juga dianggap berkontribusi dalam penurunan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit ginjal. Penurunan tekanan darah dapat membantu melindungi ginjal.

6. Minyak zaitun

Sebagai sumber lemak dan bebas fosfor, minyak zaitun menjadi bahan makanan yang menyehatkan ginjal. Biasanya, penderita penyakit ginjal umumnya sulit menjaga berat badan. Karena itu, asupan makanan sehat yang tinggi kalori seperti minyak zaitun menjadi penting. Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, kandungan natrium, kalium, dan fosfor di dalam minyak zaitun juga rendah sehingga aman untuk penderita ginjal.

7. Paprika

Paprika termasuk sayuran tinggi antioksidan serta rendah kalium, fosfor, dan natrium, sehingga baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Paprika juga mengandung vitamin A. Vitamin ini penting untuk membantu menjaga daya tahan tubuh penderita penyakit ginjal.

8. Bawang putih dan bawang bombay

Tak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi makanan dengan bawang sebagai penyedap. Bawang putih dan bawang bombay termasuk bahan makanan sehat untuk ginjal karena bebas natrium dan fosfor. Anda dapat menumis bawang putih atau bawang bombay menggunakan minyak zaitun.

9. Apel

Apel juga termasuk dalam makanan sehat untuk ginjal. Hal ini dikemukakan oleh sebuah studi dalam Journal of American Society Nephrology. Studi yang melibatkan lebih dari 10.000 orang berusia produktif tersebut menemukan, terdapat kaitan antara konsumsi apel dengan penurunan risiko batu ginjal setelah diamati lebih dari 10 tahun.

10. Blueberi

Bluberi mengandung antioksidan bernama antosianin yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker, penurunan kognitif, dan diabetes. Bluberi juga termasuk buah yang aman untuk ginjal karena rendah sodium, fosfor, dan kalium.

PDAM Makassar