kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Kukuhkan Paskibraka Makassar, Danny Pomanto : Harus Fokus, Ini Harga Diri!

Danny Pomanto Pastikan Paskibraka Makassar Tak Dilarang Berhijab
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (doc Hanifah KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, secara resmi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Makassar yang akan bertugas pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2024.

Menurutnya, proses pengibaran di kota Makassar menjadi salah satu yang harus dijaga marwahnya, mengingat, upacara di Makassar kerap kali disiarkan langsung di televisi nasional bersamaan dengan upacara di Istana, Jakarta.

Pemprov Sulsel

Danny Pomanto, sapaannya, menekankan pada seluruh pasukan paskibraka untuk fokus pada saat pelaksaan upacara HUT-RI ke-79 berlangsung Sabtu (17/08) nanti.

“Besok lusa, kita harus fokus, konsentrasi, ini bukan persoalan siapa yang menjadi pengendali di setiap pasukan, tetapi persoalan harga diri kita semua, harga diri kota Makassar,” tegasnya, Kamis (15/08).

Ia juga menekankan bahwa kesuksesan upacara bukan hanya tergantung pada satu kelompok pasukan, tetapi pada keseluruhan tim yang harus bekerja sebagai satu kesatuan.

“Ini bukan pertandingan antara pasukan 8, 17, atau 45. Yang dilihat adalah keseluruhan, kalian adalah satu kesatuan,” lanjutnya.

Danny pomanto juga mengingatkan para anggota Paskibraka tentang pentingnya peran mereka sebagai wajah dan kebanggaan Makassar di mata seluruh Indonesia.

Menurutnya, para Paskibraka adalah yang terpilih dari sekitar 600 ribu pemuda Makassar, menegaskan betapa penting dan istimewanya peran mereka. Ia meminta para anggota Paskibraka untuk fokus dan berkonsentrasi penuh saat menjalankan tugas pada tanggal 17 Agustus nanti.

“Saya ucapkan selamat bertugas, dan jangan lupa untuk memohon restu dari orang tua kalian,” katanya.

SDanny pomanto juga menjelaskan mengenai persiapan upacara HUT RI ke-79 yang akan datang.

Tahun ini, Kota Makassar akan menyuguhkan prosesi yang khas dengan tema “Bersatu untuk Semua,” di mana akan dilakukan pembentangan 79 bendera di atas laut, dari dua perahu phinisi menuju Pelataran Bugis Makassar.

Prosesi ini akan melibatkan 790 pasukan dari berbagai satuan, sebagai simbol persatuan dan kekuatan Kota Makassar.

Sebelumnya diberitakan, kota Makassar akan melaksanakan upacara khas bertema bahari.

“Total panjang bendera yang akan dibentangkan mencapai 8 ribu meter, dimulai dari dua perahu Pinisi yang telah kami siapkan,” ujar Pomanto dalam rapat koordinasi di Balaikota, Senin (12/08).

Bendera-bendera tersebut akan ditarik oleh 790 pegawai Pemkot Makassar, menambah kesan spektakuler pada perayaan ini.

“Ini adalah simbol semangat kemerdekaan dan semangat bahari kita,” tambahnya.

Dua kapal Pinisi, Adama dan Tungguma, akan digunakan untuk menarik tali bendera yang terbentang dari pelataran Anjungan Makassar dan Bugis.

“Dua Pinisi ini melambangkan persatuan kita, merajut 79 tahun Indonesia dengan semangat para pelaut kita untuk masa depan yang lebih baik,” jelasnya.

Selain acara utama, berbagai lomba akan digelar di setiap kecamatan, dengan fokus di lorong wisata.

“Kami memberikan kebebasan kepada setiap kecamatan untuk mengadakan berbagai lomba, dan akan ada penilaian untuk lorong wisata terbaik,” katanya.

Ia pun Mengintruksikan agar semua penghargaan yang telah diterima sejak Januari untuk dipamerkan.

Pesta rakyat akan diadakan di setiap kecamatan, dan Wali Kota Makassar berjanji untuk menghadiri acara tersebut, meskipun sebelumnya jarang bisa hadir karena padatnya jadwal.

“Saya akan menghadiri pesta rakyat di setiap kecamatan untuk merayakan bersama masyarakat,” tutupnya.

PDAM Makassar