kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Administrasi Pembangunan Stadion Sudiang Dikebut, Target Rampung Agustus

Administrasi Pembangunan Stadion Sudiang Dikebut, Target Rampung Agustus
Kepala Dispora Sulsel, Suherman (Dok: Nofi KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan (Sulsel) berupaya menyelesaikan administrasi untuk pembangunan Stadion Sudiang secepatnya. Pihaknya menargetkan bulan Agustus ini bisa rampung.

Kepala Dispora Sulsel, Suherman mengatakan administrasi itu antara lain Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin), dan Feasibility Study (FS).

Pemprov Sulsel

“Sementara administrasi kami kebut. Mudah-mudahan dalam Agustus ini semua bisa selesai,” ungkapnya saat ditemui, pada Rabu (14/08).

Sejauh ini Dispora Sulsel, kata dia, terus melakukan komunikasi kepada leading sektor perihal administrasi tersebut. Seperti Andalalin yang merupakan kewenangan Pemerintah Kota Makassar.

“Terus AMDALnya juga dengan Balai Lingkungan Hidup. Kami sudah menganggarkan juga, pemerintah provinsi sudah menganggarkan FS nya juga, masukan dalam penganggarannya,” tambahnya.

Pihaknya juga menunggu hasil dari Otoritas Bandara Sultan Hasanuddin perihal titik koordinat pembangunan stadion. Sebab, Stadion Sudiang ini dibangun di atas jalur pesawat landing dan take off.

“Kami melakukan koordinasi dan sudah berulang kali bahkan empat kali melakukan pengukuran dan melakukan sama-sama dengan Dispora untuk melihat titiknya, dalam waktu dekat sudah bisa keluar dari hasil otoritas untuk titik bisa dibangun stadion,” jelas Suherman.

Dia menegaskan pembangunan Stadion Sudiang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dispora Sulsel hanya menyiapkan administrasi.

“Untuk stadion kan pendanaannya dari APBN. Kami hanya menyiapkan sesuai dengan rapat di pusat, yaitu FS dan kami siapkan AMDAL, Andalalin itu sudah di provinsi,” tambah Suherman.

Dia pun berharap semuanya bisa selesai dengan cepat sesuai target sebelum dilakukan ground breaking atau peletakan batu pertama oleh Presiden Joko Widodo.

“Kita semua berharap nantinya jelas dengan kedatangannya, mudah-mudahan beliau datang semua sudah lengkap administrasi kita,” tukas Suherman.

PDAM Makassar