kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Trisal-Ome Didukung KIM, FKJ-Nur Klaim 6 Parpol di Pilwalkot Palopo

Trisal-Ome Didukung KIM, FKJ-Nur Klaim 6 Parpol di Pilwalkot Palopo
Dua bakal paslon wali kota dan wakil wali Kota Palopo, Farid Kasim Judas-Nurhaenih (kiri) dan Trisal Tahir-Akhmad Syarifuddin (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dua bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo, Sulawesi Selatan, akan mendaftarkan diri ke KPU setempat pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Dimana kedua kandidat Pilkada Palopo itu adalah Farid Kasim Judas berpasangan Nurhaenih (FKJ-Nur) dan Trisal Tahir berpaketan dengan Akhmad Syarifuddin atau Trisal-Ome.

Pemprov Sulsel

Saat dikonfirmasi, Juru Bicara FKJ-Nur, Astamanga Azis, mengonfirmasi hal tersebut. Astamanga bilang, jagoannya mendaftar ke KPU pada hari ketiga. Astamanga Azis menampik ada pertimbangan tertentu sehingga FKJ-Nur mendaftar di hari Kamis. Dia menyebut semua hari adalah baik.

“Semua hari sama saja, hanya memang kita jadwalkan tanggal 29 karena itu jadwal yang diberikan KPU,” kata Astamanga, Senin (26/08).

FKJ-Nur diusung Partai Nasdem, Partai Hanura dan PSI maju Pilkada Palopo. Perolehan suara ketiga partai melebihi ambang batas yang diputuskan Mahkamah Konstitusi maupun Undang-Undang Pilkada.

Namun, Astamanga Azis mengklaim FKJ-Nur saat ini sudah mengamankan 4 partai. Bahkan kemungkinan ada tambahan partai saat mendaftar Kamis nanti di KPU.

“Untuk hari ini ada 4 partai. Kemungkinan akan ada tambahan lagi 2 partai. Nama partainya janganmi disebut dulu,” kata Astamanga mantan Komisioner KPU Luwu itu.

Sementara itu, Ketua Tim Perjuangan Trisal Tahir, Mustahir Sidu menyebut kandidatnya bakal mendaftar ke KPU pada hari Kamis. Tak ada alasan tertentu sehingga Trisal-Ome menyambangi KPU di hari ketiga pendaftaran calon kepala daerah.

“Insya Allah tanggal 29,” singkat Mustahir Sidu Minggu (25/8) malam.

“Semua hari itu baik, cuma memang jadwal dari cuma, 3 hari jadi kita pilih saja hari Kamis,” tambah Mustahir Sidu.

Soal partai pengusung, Trisal-Ome akan membawa dua partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju atau KIM. Keduanya adalah Partai Gerindra dan Demokrat.

“Kita tiga partai, Gerindra, Demokrat dan PKB,” kata Tato sapaan Mustahir Sidu.

Sekadar diketahui, sesuai peraturan KPU, jadwal pendaftaran bakal calon kepala daerah tingkat provinsi maupun kabupaten-kota akan dimulai pada 27 sampai 29 Agustus 2024.

Lalu, DPP Partai Golkar lebih awal secara resmi memberikan dukungan kepada Rahmat Masri Bandaso atau RMB dan Andi Tenri Karta menjelang kontestasi Pilkada Palopo 2024 yang dihelat serentak pada 27 November mendatang.

Dimana jeputusan RMB menggaet Andi Tenri Karta baru diketahui setelah beredarnya foto penyerahan surat B1-KWK Golkar kepada pasangan tersebut pada Selasa (06/08).

Sebelum itu, figur pendamping RMB pada Pilkada Palopo 2024 masih simpang siur. Ada yang menyebut RMB bakal berduet Dokter Abdul Syukur Kuddus, hingga pengusaha Putri Dakka sebagai calon 02.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD II Golkar Palopo, Darsan Dappy menjelaskan alasan RMB berpaket Tenri Karta. Darsan menyebut Tenri dipilih karena sejumlah pertimbangan.

“Pak RMB memilih ibu Tenri Karta setelah melalui sejumlah pertimbangan. Ada banyak variable, semua ada plus-minusnya, tapi beliau (Tenri Karta) adalah pilihan terbaik dari yang terbaik,” ucap Darsan Dappy, Kamis (08/08).

Tenri Karta merupakan istri mantan Bupati Kabupaten Luwu dua periode, Andi Mudzakkar atau Andi Cakka. Tenri juga tercatat sebagai caleg Gerindra DPRD Sulsel Pemilu 2024.

Sebagai caleg DPRD Sulsel dapil 11, Tenri Karta meraih 1.669 suara berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Sulsel. Suaminya, Andi Cakka juga caleg Gerindra DPR RI. Cakka meraup 5.773 suara di Kota Palopo tempat sang istri akan bertarung.

Darsan meyakini duet RMB-Tenri Karta mampu ungguli kandidat lain di Kota Idaman. Apalagi RMB merupakan mantan wakil wali kota Palopo dengan rekam jejak yang cukup baik.

Selain itu, RMB-Tenri Karta diusung partai di luar Golkar, Darsan Dappy menyebut jagoannya masih intens menjalin komunikasi dengan partai lain.

“Komunikasi ke partai tetap terbangun. Semua masih memungkinkan. Kalaupun cuma Golkar, pak RMB dan ibu Tenri sudah cukup untuk mendaftar. Tapi lebih banyak partai akan lebih baik,” tandas Darsan yang juga ketua tim pemenangan RMB-Tenri Karta.

Diketahui, Golkar punya 6 kursi di DPRD Palopo hasil Pemilu 2024. Syarat minimal dukungan untuk ikut Pilkada Palopo 2024 sebanyak 5 kursi atau 20 persen suara partai di parlemen setempat. Pilkada Palopo diprediksi diikuti 4 pasangan calon.

PDAM Makassar