kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Pj Sekda Buka KIM FEST, Pertegas Makassar Sebagai Kota Festival

Pj Sekda Buka KIM FEST, Pertegas Makassar Sebagai Kota Festival
Penjabat Sekretaris Daerah (PJ Sekda) Makassar, Firman Hamid Pagarra dalam Pembukaan KIM Fest (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Penjabat Sekretaris Daerah (PJ Sekda) Makassar, Firman Hamid Pagarra, mendampingi Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Ekonomi dan Budaya, R Wijaya Kusumawardhana, dalam pembukaan resmi KIM FEST dan UMKM Fiesta 2024. Acara ini berlangsung di Anjungan City of Makassar pada Jumat (09/08) malam.

Pembukaan KIM FEST 2024 ditandai dengan tabuhan gendang dan pemberian piagam apresiasi kepada Pemerintah Kota Makassar. Piagam ini diserahkan langsung oleh Staf Ahli Menteri, R Wijaya Kusumawardhana, kepada Firman Hamid Pagarra.

Pemprov Sulsel

Acara tersebut diikuti oleh 50 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari sembilan provinsi dan mengusung tema “UMKM Bangkit, Ekonomi Makassar Melejit.”

Dalam sambutannya, Firman Hamid Pagarra menekankan bahwa KIM FEST adalah upaya pemerintah untuk mewujudkan pembangunan merata, termasuk pemerataan akses informasi kepada masyarakat.

“KIM dapat diberdayakan sebagai mitra pemerintah dalam melakukan komunikasi publik kepada masyarakat. Keberadaan KIM ini mempertegas Makassar sebagai kota festival tepian air,” ujar Firman.

Ia juga mengungkapkan kebahagiaannya atas penunjukan Makassar sebagai tuan rumah, yang menurutnya merupakan bukti kepercayaan terhadap kota tersebut dalam menyelenggarakan event besar.

Firman menambahkan bahwa acara ini merupakan momentum penting bagi para pelaku UMKM yang berkontribusi besar terhadap perekonomian Makassar.

“Malam ini, UMKM binaan Dinas Koperasi yang telah melalui inkubator turut memamerkan produk mereka,” tambahnya.

Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Ekonomi dan Budaya, R Wijaya Kusumawardhana, menekankan peran penting KIM dalam menyampaikan informasi yang benar, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

“Tujuannya agar masyarakat dapat membedakan informasi yang benar dan hoaks, sehingga tidak mudah percaya pada informasi yang tidak jelas,” tuturnya.

Wijaya berharap seluruh SDM KIM dapat berkembang lebih maju dan memastikan aspirasi masyarakat tersampaikan.

“KIM harus bisa menjadi penetralisir kesimpangsiuran informasi terkait kebijakan program Pemkot yang beredar di masyarakat,” harapnya.

Dengan adanya KIM FEST dan UMKM Fiesta 2024, Makassar semakin memperkuat posisinya sebagai kota festival yang penuh dengan kegiatan budaya dan ekonomi, sekaligus mendukung peran UMKM dalam pembangunan ekonomi lokal.

PDAM Makassar