kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Pilkada Lutim, Isrullah Achmad-Usman Sadik Bakal Deklarasi 27 Agustus

Pilkada Lutim, Isrullah Achmad-Usman Sadik Bakal Deklarasi 27 Agustus
Isrullah Achmad-Usman Sidik bakal menggelar deklarasi usai mendaftar (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Luwu Timur, Isrullah Achmad-Usman Sidik bakal menggelar deklarasi pasangan seusai mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dimana demikian disampaikan juru bicara pasangan calon bupati dan wakil bupati yang memiliki tagline ‘beriman’ di Cafe Home Town Kopi Zone, Jalan Boulevard pada Rabu (14/8).

Pemprov Sulsel

“Pasangan ini akan gelar deklarasi pasangan usai mendaftar di KPU pada tanggal 27 Agustus,” ujar Wahyu Maizal saat dikonfirmasi, Kamis (15/08).

“Tapi sebelumnya, pada tanggal 17 Agustus, pasangan ini akan melakukan pengukuhan tim. Momen 17 dipilih karena bertepatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-79 tahun,” sambungnya.

Dia pun memastikan bahwa pasangan tersebut akan maju di pemilihan kepala daerah di Kabupaten Luwu Timur.

Hal itu ditandai dengan adanya dukungan tiga partai politik. Yaitu PAN 5, PKS 2, dan PKB 1 kursi. Selanjutnya partai yang tengah dibidik adalah Partai Demokrat, Gelora, dan PPP masing-masing memperoleh 1 kursi hasil Pileg Februari lalu.

“Jumpa pers ini kami lakukan untuk menjawab keraguan bahwa pasangan beriman tidak maju di pemilihan ini,” tutur Ketua HIPMI Kabupaten Luwu Timur ini.

Sedangkan, Usman Sadik tidak menampik bahwa masih ada partai lain yang akan bergabung bersama nya. Yaitu Demokrat, PPP, dan Partai Gelora. Meski perolehan kursi nya kecil.

“Kami tidak akan meninggalkan partai kursi kecil. Kami tetap menghargai itu,” terang Wakil Ketua DPRD Kabupaten Luwu Timur ini.

Usman pun mengapresiasi hasil beberapa lembaga survei yang telah merilis hasil survei di Pilkada Lutim. Ia menyatakan, itu menjadi dasar bagi pasangan ini untuk langsung turun ke masyarakat.

Sebelumnya, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei kandidat Pilkada Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan tahun 2024 pada kontestasi yang dihelat serentak 27 Nopember mendatang.

Hasilnya, petahana bakal calon Bupati Lutim, Budiman Hakim terancam kalah oleh penantang Irwan Bachri Syam atau Ibas.

Menurut temuan survei LSI Denny JA yang dirilis di Kota Makassar pada Rabu (31/7), tingkat elektabilitas atau keterpilihan Ibas mencapai 43 persen, Budiman 32 persen dan Usman Sadik 4,1 persen.

Sementara 20,9 persen responden survei tidak menjawab. Peneliti Senior LSI Denny JA, Ikrama Masloman, mengatakan, Ibas unggul 10 persen di atas Budiman dalam simulasi head to head Pilkada Lutim 2024.

“Sementara dalam simulasi Head to head, Irwan Bachri Syam 44,3 persen dan Budiman Hakim 33,2 persen. Selisihnya terpaut 10 persen dengan Budiman Hakim,” kata Ikrama Masloman dalam pemaparan surveinya.

Dimana temuan survei LSI Denny JA Pilkada Lutim tersebut dilakukan secara tatap muka pada 3 sampai 9 Juni 2024. Dengan jumlah responden 440 di semua kecamatan.

Adapun metode yang digunakan LSI Denny JA dalam survei ini menggunakan multistage random sampling dan margin of erorr 4,8 persen.

Berdasarkan temuan LSI Denny JA, tingkat keterkenalan atau popularitas Budiman lebih tinggi sebesar 89,8 persen dan Ibas 86,8 persen. Dari segi kesukaan, Ibas disukai responden sebanyak 90,3 persen, sementara Budiman 85,1 persen.

“Dengan data Juni 2024, pertarungan pilkada Luwu Timur per hari ini hanyalah pertarungan head to head dua tokoh yaitu Budiman versus Ibas. Pertarungan antara petahana dan Penantang,” tutur Ikrama Masloman.

PDAM Makassar