kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Peningkatan Kualitas, Sekprov Sampaikan Capaian Pembangunan Sulsel

Peningkatan Kualitas, Sekprov Sampaikan Capaian Pembangunan Sulsel
Sekprov Sulsel, Jufri Rahman di Kantor Gubernur Sulsel (Dok: Ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Selatan (Sulsel), Jufri Rahman bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) yang dilaksanakan di lapangan Kantor Gubernur Sulsel, Sabtu (17/08).

Turut mendampingi Sekprov Sulsel, Kepala Dinas Dukcapil Pemprov Sulsel serta Plh Kadis Kominfo-SP Pemprov Sulsel.

Pemprov Sulsel

Dalam sambutannya, Jufri Rahman nenyampaikan pembangunan di Sulsel dilakukan dengan memperhatikan integritas dan sinergi serta berupaya untuk mengoptimalkan sumber daya secara efisien.

“Capaian pembangunan saat ini, ditunjukkan dengan ekonomi yang tumbuh positif pada triwulan I 2024 sebesar 4,82 persen dan terus meningkat di triwulan II 2024 sebesar 4,98 persen,” ujarnya.

Ia melanjutkan, kinerja Pemprov Sulsel juga dapat diukur dari capaian pengendalian inflasi pada triwulan I 2024 di angka 2,03 persen poin yang menempatkan Sulsel menjadi bagian dari 5 terbaik secara nasional.

Jufri Rahman menyebut di triwulan II 2024, angka capaian pengendalian inflasi Sulsel mampu mencapai angka 1,74 persen, sehingga berhasil menempatkan Provinsi Sulsel terbaik kedua secara nasional dalam pengendalian inflasi dan satu-satunya di zona Sulawesi.

“Alhamdulillah, capaian perekonomian ini diikuti dengan peningkatan kualitas pembangunan manusia yang tumbuh rata-rata 0,69 persen per tahun. Peningkatan terjadi di semua dimensi baik umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan terutama standar hidup layak,” tukasnya.

Ia mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Februari 2024, persentase angka pengangguran Sulsel turun menjadi 4,90 persen dibanding Februari 2023 yang berada di angka 5,26 persen.

Sementara jumlah penduduk miskin di Sulsel pada Maret 2024 sebesar 736,48 ribu orang, menurun sebesar 52,4 ribu jiwa jika dibandingkan dengan kondisi Maret 2023.

“Untuk itu, kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada segenap pemimpin daerah yang berdedikasi membangun daerah dengan semangat kejuangan budaya Sipakalebbi, Sipakainga, Sipapaccei, Sipakatau, yang sejatinya menjadi pedoman hidup bagi seluruh masyarakat Sulsel tanpa terkecuali,” tutupnya.

PDAM Makassar