kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Menyamar Jadi Petugas PLN, Komplotan Pencurian Kabel di Jeneponto Dibekuk Polisi

Pasca Aksi Pencurian Kabel, Manager PLN ULP Jeneponto Belum Pastikan Kerugiannya
Pelaku pencurian kabel di Jeneponto (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Komplotan Aksi pencurian Kabel PLN di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan diamankan warga. Masing-masing pelaku yang diamankan warga berinisial FR, HL dan HR.

Penangkapan itu pun langsung dibenarkan oleh Kanit Tindak Pidana Umum (Tipidum) Polres Jeneponto, Ipda Nurhadi saat dikonfirmasi Tim Kabarmakassar.com, Sabtu (03/08).

Pemprov Sulsel

Dalam keterangannya, Ipda Nurhadi mengatakan ketiganya berhasil diamankan warga usai mereka aksinya dipergoki oleh petugas PLN di Tolo, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto.

Usai dipergoki, ketiganya langsung kabur dan aksi saling kejar pun terjadi antara petugas PLN dan ketiga pelaku hingga ke Malakaji, Kabupaten Gowa.

Warga yang melihat aksi saling kejar itu langsung menghadang kendaraan yang digunakan oleh para pelaku. Ketiganya nyaris jadi bulan-bulanan warga namun aksi main hakim itu dapat dicegah oleh polisi.

“Setelah mereka diamankan, ketiganya langsung dijemput oleh anggota Polsek Kelara selanjutnya ketiganya dibawa ke Polres Jeneponto untuk dilakukan proses pengembangan,” ujar Ipda Nurhadi.

Dari hasil pengembangan itu, pihaknya kembali berhasil mengamankan 1 pelaku lainnya berinisial AG yang sebelumnya telah diamankan anggota Polsek Malakaji.

Setelah komplotan tersebut berhasil diamankan, polisi kemudian melakukan proses pemeriksaan lebih lanjut. Kepada polisi, komplotan ini mengaku sudah beberapa kali melancarkan aksinya di Kabupaten Jeneponto.

“Sudah ada beberapa lokasi mereka melakukan aksinya, jadi di Jeneponto, untuk ketiga kalinya,” bebernya.

Dalam melancarkan aksinya, modus komplotan ini berpura-pura menjadi pegawai PLN dilengkapi sehingga warga tak menaruh curiga saat mereka beraksi.

“Mereka menggunakan rompi, helm, tangga dan sejumlah peralatan listrik dan mobil pick up,” terangnya.

Saat beraksi, Ipda Nurhadi mengungkapkan jika keempatnya memiliki peranan masing- masing.

“AG berperan sebagai penentu lokasi sekaligus menyediakan seragam PLN dan Helm sementara rekannya FR dan HR berperan sebagai pemanjat tiang listrik dengan menggunakan tangga sambil menggunting kabel sedangkan HL baru ikut serta dalam aksi tersebut,” ungkap Ipda Nurhadi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya kini, keempat pelaku bersama barang bukti sudah diamankan di Kantor Mapolres Jeneponto.

PDAM Makassar