kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

KPU Palopo Tetapkan 4 Paslon Walikota, Trisal-Ome Dinyatakan Memenuhi Syarat

KPU Palopo Tetapkan 4 Paslon Walikota, Trisal-Ome Dinyatakan Memenuhi Syarat
Empat pasangan calon walikota dan wakil walikota Palopo pada Pilkada Serentak 2024. Foto ist
banner 468x60

KabarMakassar.com — KPU Kota Palopo, Sulawesi Selatan, menetapkan 4 pasangan calon wali kota dan wakil wali kota untuk maju Pilkada Palopo 2024. Dimana pasangan Trisal Tahir-Akhmad Syarifuddin alias Ome dinyatakan yang sebelumnya diputuskan tidak memenuhi syarat (TMS) administrasi calon, kini dinyatakan memenuhi syarat (MS).

“Dalam rapat pleno, kami bersepakat untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palopo tahun 2024 memutuskan 4 pasangan calon,”ucap Ketua KPU Palopo Irwandi Djumadin saat dikonfirmasi, Selasa (24/09).

Pemprov Sulsel

Dalam proses pemeriksaan dan penelitian berkas paslon, KPU Palopo sempat memutuskan Trisal-Ome TMS karena ijazah paket C Trisal dianggap tidak sah. Paslon usungan Partai Gerindra dan Demokrat itu pun mengajukan sengketa adminsitrasi kepada Bawaslu.

Irwandi menjelaskan, status TMS Trisal-Ome sebagai paslon wali kota dicabut setelah dilakukan mediasi Bawaslu Palopo sejak 20-21 September 2024.

Mediasi tersebut menghasilkan kesepakatan antara Trisal-Ome dengan KPU Palopo, salah satunya adalah KPU diminta untuk melakukan klarifikasi ke partai pengusung, calon dan sekolah yang bersangkutan untuk dituangkan dalam formulir klarifikasi.

“Hasil mediasi di Bawaslu yang kami tindaklanjuti dengan klarifikasi kepada instansi terkait termasuk partai pengusul, calon yang bersangkutan dan pihak sekolah. Kami berkesimpulan, bahwa calon tersebut memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon wali kota,” jelas Irwandi.

Trisal-Ome yang dinyatakan memenuhi syarat pasca ijazah paket C dianggap bermasalah, kini menggenapkan 4 paslon yang akan maju bertarung di Pilkada Palopo 2024.

Mereka adalah sesuai jadwal mendaftar yaitu Rahmat Masri Bandaso-Andi Tenri Karta. Pasangan ini diusung Partai Golkar dan PKS untuk maju Pilkada Palopo. Kemudian Putri Dakka berpasangan Haedir Basir yang diusung PDIP, PAN dan PPP.

Ada pun pasangan Farid Kasim Judas-Nurhaenih yang diusung Partai Nasdem, Gelora, Hanura, Perindo dan PSI. Selain itu, KPU palopo juga melaksanakan pengundian nomor urut paslon yang diikuti keempat pasangan calon wali kota Palopo, Senin (23/9).

Hasilnya, pasangan Putri Dakka dan Haidir Basir yang diusung oleh PDI Perjuangan, PAN, dan PPP mendapat nomor urut 1. Paslon ini memiliki total suara sah partai pengusung sebanyak 22.617 dari Pileg Palopo 2024.

Selanjutnya, pasangan Farid Kasim Judas dan Nurhaeni (FKJ-NUR) yang diusung oleh lima partai, yaitu Nasdem, Hanura, Gelora, PSI, dan Perindo, mendapat nomor urut 2. Dengan total suara sah partai pengusung sebanyak 31.689, FKJ-NUR menjadi pasangan calon dengan dukungan suara terbesar.

Kemudian, paslon Rahmat Masri Bandaso dan Andi Tenri Karta, yang diusung oleh partai Golkar dan PKS dengan total suara sah 25.445, mendapat nomor urut 3.

Sementara itu, pasangan Trisal Tahir dan Akhmad Syarifuddin yang diusung oleh Gerindra dan Demokrat, serta mendapat dukungan dari PKB, memperoleh nomor urut 4.

Paslon dengan tagline “Palopo Baru” ini memiliki total suara sah partai pengusung sebesar 17.467. Dengan ditetapkannya nomor urut ini, tahapan Pilwalkot Palopo 2024 kini akan memasuki masa kampanye, yang dijadwalkan berlangsung dari 25 September hingga 23 November 2024.

PDAM Makassar