kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

BPDPKS Gelar Semarak UKMK di Makassar Hadirkan Produk Bahan Sawit

BPDPKS Gelar Semarak UKMK di Makassar Hadirkan Produk Bahan Sawit
Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana di Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Kabul Wijayanto.
banner 468x60

KabarMakassar.com — Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar kegiatan Semarak UKMK Sawit 2024 di Mall Trans Studio Makassar, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar, Kamis (01/08).

Kegiatan tersebut digelar selama tiga hari mulai dari Kamis 1 Agustus hingga 3 Agustus 2024. Kegaiatan yang diadakan BPDPKS tersebut dalam rangka promosi kegunaan kelapa sawit dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, serta promosi potensi pengembangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis produk Usaha kecil, menengah, dan koperasi (UKMK) sawit dan turunannya.

Pemprov Sulsel

Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana di Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Kabul Wijayanto saat ditemui usai kegiatan hari pertama berlangsung mengatakan jika kita bersyukur sekali memiliki banyak tanaman sawit di Indonesia.

Ia juga menjelaskan jika kelapa sawit juga merupakan penyumbang terbesar untuk ekspor non-migas Indonesia.

“Ekspor non-migas Indonesia pada tahun 2023 mencapai US Dollar 242,87 miliar, dengan sekitar US Dollar 28,45 miliar berasal dari ekspor lemak dan minyak hewan/nabati, termasuk minyak kelapa sawit,” kata Kabul Wijayanto.

Kabul Wijayanto menambahkan jika harga minyak kelapa sawit (CPO) cenderung stabil di tahun 2023, tidak mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hadirnya Semarak UKMK di Makassar, Kabul Wijayanto berharap terus berkembang dan memberdayakan perekonomian masyarakat berbasis produk UKMK sawit dan turunannya.

Kabul mengatakan, melalui kegiatan tersebut sekaligus menjadi wujud implementasi program pemberdayaan UMKM di lingkup Kementerian Keuangan dan upaya mempertahankan dan meningkatkan demand minyak sawit dalam negeri.

BPDPKS terus mendorong kalangan pelaku usaha UKMK menggunakan produk-produk berbahan baku sawit. Penggunaan bahan sawit sebagai salah satu komoditas strategis bangsa Indonesia itu diharapkan dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan baku impor.

Rangkaian kegiatan selama tiga hari Semarak UKMK Sawit 2024 juga menghadirkan pameran produk 16 UKMK Sawit dan hasil riset sawit yang dapat dikembangkan skala UMKM, Talkshow tentang kebaikan sawit dan pengembangan UMKM dan Koperasi, Lomba kreasi produk dan kreatifitas terkait sawit, Edukasi sawit usia dini, dan Hiburan.

PDAM Makassar