kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Andi Islamuddin-Irwandi Dapat Rekomendasi PKB untuk Pilkada Bone

Andi Islamuddin-Irwandi Dapat Rekomendasi PKB untuk Pilkada Bone
PKB secara resmi mengusung Andi Islamuddin dan Andi Irwandi Natsir sebagai bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati di Pilkada Bone 2024 (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Bone semakin menarik menjelang pendaftaran pada 27 Agustus. Dimana Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi mengusung Andi Islamuddin dan Andi Irwandi Natsir sebagai bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati di Pilkada Bone 2024.

Dukungan tersebut ditandai dengan penyerahan formulir B1.KWK yang diberikan langsung oleh Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad, kepada pasangan Andi Islamuddin dan Andi Irwandi Natsir di Jakarta, Kamis (22/08) malam.

Pemprov Sulsel

Mantan Penjabat Bupati Bone ini menggandeng kader Partai Amanat Nasional (PAN), Andi Irwandi Natsir, sebagai bakal calon wakil bupati. Andi Irwandi saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari Daerah Pemilihan Sulsel VII.

“Ini adalah jalan Allah SWT,” kata Andi Islamuddin kepada media.

“Hidup ini sudah diatur, kita jalani saja,” lanjut Sekretaris Daerah Kabupaten Bone ini.

Lebih lanjut, Andi Islamuddin juga telah mengagendakan deklarasi sebelum melakukan pendaftaran.

“Sebelum mendaftar,” ujar mantan Kepala BKPSDM Kabupaten Bone itu.

PKB memiliki tujuh kursi dari hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, sementara PAN memiliki tiga kursi dari hasil Pileg 2024. Dengan demikian, kedua partai ini telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan pasangan calon mereka di KPU.

Sementara itu, Direktur PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir menyebutkan bahwa Andi Asman Sulaiman saat ini survei elektabilitasnya di urutan kedua bersaing ketat Andi Rio Padjalangi yang teratas.

Sedang, Andi Islamuddin berada di urutan ke empat tertinggi elektabilitasnya. Artinya secara data ilmiah Andi Asman dan Andi Islamuddin adalah pesaing kuat Andi Rio di pilkada Bone 2024.

Apalagi jika Andi Asman Sulaiman menggabungkan kekuatannya di pilkada bone, maka potensi mereka mengunci kemenangan cukup terbuka lebar.

“Ada pun figur Andi Rio yang dianggap kuat jika menggabungkan kekuatan dengan dengan kubu Andi Islamuddin. Yang artinya kubu Andi Islamuddin kuat jika koalisi salah satu dari figur Andi Asman atau Andi Rio,” papar Suwadi.

Ditengah danamisnya Pilkada Bone 2024, Sulawesi Selatan yang dihelat 27 November mendatang diprediksi akan berlangsung seru, sebab akan diikuti figur muda potensial.

Dimana figur-figur seperti Andi Rio Padjalangi, Andi Asman Sulaiman, Yasir Machmud, Andi Akmal Pasluddin, Ambo Dalle, Hingga Andi Islamuddin. Lalu seperti apa kondisi terkini di bumi arung palakka tersebut?

Menurut Suwadi, bahwa Bone saat ini di dominasi tiga kekuatan politik kuat.

Pertama, Andi Rio dari klan Padjalangi. Kedua, kubu AAS BUILDIN yang di wakili Andi Asman Sulaiman. Dan ketiga; kubu Andi Iwan D Aras Gerindra yang mungkin diwakili Pj bupati Andi Islamuddin atau Putri nya Andi Tenri Salangketo.

Masih kata Suwadi saat ini Andi Rio unggul survei cukup tipis dari Andi Asman Sulaiman, yang artinya kedua tokoh ini besar kemunginan akan berhadapan karna survei mereka terpaut tipis. Artinya Andi Asman Sulaiman adalah lawan terkuat Andi Rio.

Sedangkan Yasir Machmur baru muncul sebagai pesaing Andi Rio jika Andi Asman Sulaiman tidak jadi maju atau mengalah.

“Karena pasti ada yang mengalah diantara salah satunya. Artinya Yasir Machmud Kuda Hitam Kuat jika Andi Asman batal maju,” ucap Suwadi.

Sedangkan mantan Pj Bupati Andi Islamuddin atau Anaknya Andi Tenri adalah gerbong ketiga yang menjadi pesaing dipikada bone.

Lanjut menurut Suwadi, Sosok adik menteri pertanian Andi Asman Sulaiman memiliki kans besar menjadi pesaing kuat Andi Rio untuk memenangkan pilkada bone.

Apalagi jika Andi Asman Sulaiman berkoalisi kubu Gerindra yang di wakili Andi Islamuddin atau Andi Tenri Salangketo, maka Andi Asman bisa makin kuat.

“Andi Rio pun kuat jika berkoalisi dengan Andi Akmal Pasluddin. Dan jika dua tokoh ini maju, di Bone pilkada bisa head To Head atau maksimal 3 pasang,” ujarnya.

“Dimana jika tiga pasang. Tinggal menunggu figur yang potensi membentuk pasangan ketiga,” tandas Suwadi.

PDAM Makassar