kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Paslon Budiman-Akbar Janjikan Program Peningkatan Sektor Perikanan dan Pertanian

Paslon Budiman-Akbar Janjikan Program Peningkatan Sektor Perikanan dan Pertanian
(Foto : Dok. Andini KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur (Lutim) Budiman dan Muhammad Akbar Andi Leluasa (Budiman-Akbar) menjanjikan bakal membangun dan meningkatkan sektor perikanan dan pertanian.

Hal ini disampaikan saat menjawab pertanyaan dari panelis dalam Debat Publik Perdana Pilkada Lutim yang berlangsung di Hotel Dalton, Makassar, Sabtu (26/10).

Pemprov Sulsel

Panelis, Dr. Irfan Yahya. mengundi sub tema Pertanian dan Perikanan bahwa peningkatan kesejahteraan masyarakat perlu didukung oleh optimalisasi sektor perikanan, sejumlah permasalahan di sektor perikanan antara lain minimnya penerapan teknologi tepat guna dalam usaha penangkapan, budidaya maupun pengolah ikan dan SDM pelaku usaha perikanan juga masih terbatas dengan pertanyaan “bagaimana upaya anda jika terpilih dalam menyikapi masalah perikanan tersebut?”.

Budiman mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen akan tetap melanjutkan program di sektor perikanan.

Ia menyebut pihaknya telah menggelontorkan anggaran untuk memberikan bantuan kepada nelayan melalui kelompok-kelompok nelayan, peningkatan kapasitas nelayan termasuk kelompok budidaya.

Menurutnya selama ini anggaran perikanan masih kecil sehingga pihaknya menaikkan anggaran perikanan menjadi Rp20 Miliar.

“Kebijakan ini harus disertai bukan hanya narasi biasa tetapi harus kita siapkan anggaran. Selama ini karena saya ini melanjutkan apa yang sebelumnya, selama ini anggaran di perikanan itu kecil, kita telah menaikkan dua kali lipat anggaran itu menjadi Rp20 Miliar,” ungkapnya

Sementara itu, Muhammad Akbar Andi Leluasa menambahkan bahwa pihaknya berkomitmen menggabungkan program hilirisasi pertanian seperti program yang digalakkan Presiden Prabowo.

Budiman menyebut pada periode sebelumnya pihaknya telah memberikan bantuan pada nelayan dan mengungkap adanya peningkatan produksi.

Ia mengatakan terdapat kenaikan produksi dari 9.000 ton menjadi 10.000 ton dan juga pada sektor budidaya meningkatkan dari 315.000 ton menjadi 378.000 ton.

“Kita juga membantu kelompok penerima bantuan 296 kelompok. Kita berharap ini tetap kami lanjutkan,” pungkasnya

PDAM Makassar