kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Serap Tenaga Kerja, Paslon Isrullah-Usman Janjikan Bangun Industri Pertambangan dan Pertanian Modern

Serap Tenaga Kerja, Paslon Isrullah-Usman Janjikan Bangun Industri Pertambangan dan Pertanian Modern
(Foto : Dok. Andini KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur (Lutim) Isrullah Ahmad dan Usman Sadik (Isrullah-Usman) menjanjikan bakal membangun industri pertambangan dan pertanian modern yang akan menyerap tenaga kerja di Luwu Timur

Hal ini disampaikan saat menjawab pertanyaan dari panelis dalam Debat Publik Perdana Pilkada Lutim yang berlangsung di Hotel Dalton, Makassar, Sabtu (26/10).

Pemprov Sulsel

Panelis, Prof. Muhaemin mengundi sub tema Ketenagakerjaan bahwa berdasarkan data Indeks Daya Saing Daerah (IDD) pada tahun 2022 Kabupaten Luwu Timur memiliki nilai IDD sebesar 2,82 yang kemudian meningkat tipis menjadi 2,83 tahun 2023. Meskipun ada kenaikan, angka ini masuk kategori rendah dengan pertanyaan “jika anda terpilih bagaimana strategi konkret yang perlu diterapkan untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja lokal dalam menghadapi persaingan global dan hilirisasi industri?”.

Usman Sadik menjelaskan bahwa hal ini merupakan tantangan besar bagi Kabupaten Luwu Timur dimana data BPS mencerminkan bahwa angka pengangguran setiap tahun meningkat secara signifikan.

Usman menegaskan Paslon Isrullah-Usman dapat menjawab tantangan ini karena saat ini, Isrullah kata dia telah mempekerjakan ratusan masyarakat Kabupaten Luwu Timur.

Sehingga dalam visi misinya menegaskan program pembukaan tenaga kerja yang akan dilakukan jika terpilih.

“inshaAllah pak Isrullah Ahmad tahu caranya mengatasi ini karena saat ini pak Isrullah sudah memperkerjakan ratusan masyarakat Luwu Timur,” ungkapnya.

Isrullah mengatakan sebagai pelaku usaha salah satunya program yang akan dijalankan adalah akan menarik investasi yang lebih besar karena Kabupaten Luwu Timur memiliki sumber daya alam yang sangat besar dari sektor tambang dan sektor pertanian secara luas.

Pihaknya akan membangun industri pertambangan yang akan menyerap banyak tenaga kerja.

Selain itu, pihaknya akan membangun industri pertanian modern atau hilirisasi pertanian.

“Oleh karena itu bahwa anak muda kita kedepan akan tertarik menjadi petani. Karena tentu ditunjang oleh teknologi mulai hulu hingga hilir,” pungkasnya

Selanjutnya, pihaknya juga akan memberikan skill kepada generasi muda melalui program pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK).

“Kami dari awal menyuarakan ini akan membangun BLK di Kabupaten Luwu Timur,” tegas Usman Sadik.

PDAM Makassar