kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

TPHBun Sulsel Harapkan Bantuan Alsintan dan Pupuk Subsidi Meningkat di 2025

TPHBun Sulsel Harapkan Bantuan Alsintan dan Pupuk Subsidi Meningkat di 2025
Kepala Dinas TPHBun Sulsel, Imran Jausi (Dok: Nofi KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHBun) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengharapkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) serta pupuk subsidi bisa meningkat pada tahun 2025.

Kepala Dinas TPHBun Sulsel, Imran Jausi menyebut saat ini kebutuhan pupuk bersubsidi dan alsintan terus meningkat seiring sektor pertanian yang kian maju.

Pemprov Sulsel

“Kalau saya melihat untuk pupuk alhamdulillah dibandingkan dengan 2023 lalu, 2024 ini jumlah pupuk di sulsel pupuk bersubsidi jumlahnya tetap,” ujarnya pada Jumat (25/10).

“Harapan kami tentunya meningkat, karena kebutuhan pupuk ini senantiasa terus meningkat,” tambah Imran Jausi.

Saat ini, dia menilai kebutuhan alsintan modern penting untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Dia ingin kedepan sektor pertanian di Sulsel bisa dapat perhatian khusus.

“Penggunaan alat-alat pertanian smart farming yang sekarang ini, smart farming dalam bentuk demplot, dalam bentuk contoh-contoh kalau bisa sudah dapat kita massifkan, supaya bisa lebih banyak lagi spot nya yang kita gunakan itu,” ucapnya.

Terlebih di beberapa daerah, kata dia, memang butuh alsintan modern. Dia pun berharap pemerintah pusat bisa memberikan bantuan lebih banyak ke Sulsel.

“Termasuk bantuan-bantuan untuk alat mesin pertanian yang selama ini memang beberapa kabupaten kota yang belum banyak,” katanya.

“Harapan kami itu, kami percaya bahwa ini bisa terpenuhi karena di 2024 ini sebagai sebuah pondasi yang baik sekali yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian. Sehingga kami berharap bahwa ini dilanjutkan dan tentunya lebih baik lagi. Bisa ditingkatkan di Sulsel,” tukas Imran Jausi.

PDAM Makassar