kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Wikimedia Ajak Mahasiswa Kembangkan Budaya Lokal

Wikimedia Ajak Mahasiswa Kembangkan Budaya Lokal
Wikimedia hadir di Universitas Hasanuddin dalam Kuliah Umum (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pengelola situs populer Wikipedia, Wikimedia hadir di Universitas Hasanuddin dalam Kuliah Umum bertajuk “Mengenal dan Memanfaatkan Proyek Wikimedia dalam Pembelajaran: Wikipedia dan Wikidata” yang berlangsung di Aula Prof Mattulada Fakultas Ilmu Budaya, Kamis (03/10).

Manajer Program dan Kemitraan Wikimedia Indonesia, Hardiansyah menjelaskan maksud dan tujuan kehadirannya bersama tim Wikimedia Indonesia.

Pemprov Sulsel

Ia mengatakan bahwa selama ini publik hanya mengenal Wikipedia, tetapi tidak familiar dengan Wikimedia selaku pengelola situs populer tersebut.

“Wikimedia adalah organisasi nirlaba yang berpusat di Amerika. Wkimedia kurang terkenal, justru produknya terkenal Wikipedia. Jadi ini kesempatan baik untuk mengenal Wikimedia lebih jauh,” ujarnya.

Ia menyebut bahwa sejauh ini Wikimedia Indonesia fokus pada pengembangan informasi berbahasa Indonesia melalui Wikipedia.

Ia berharap setelah kegiatan ini akan banyak relawan dari Unhas yang bisa berkontribusi memajukan ilmu pengetahuan lokal terutama di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan Unhas, Abdullah Sanusi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas inisiatif kerja sama dalam bentuk kuliah umum oleh Wikimedia.

Ia juga mengajak para mahasiswa bisa membentuk komunitas dan bisa berkontribusi mengelola ilmu pengetahuan, terutama budaya lokal melalui Wikipedia.

“Mahasiswa Sastra daerah, ayo buat komunitas mengembangkan Wikipedia Bahasa Makassar. Bila ini berhasil, bisa dikonversi menjadi tugas akhir. Kalau layak, bisa dikonversi menjadi tugas akhir Anda,” ujarnya.

Kuliah Umum ini mendapat sambutan positif dari para mahasiswa. Lebih dari 200 mahasiswa mengikuti kegiatan dengan dua sesi materi yaitu Mengenal Wikipedia dalam Pembelajaran dan Mengenal Wikidata: Repositori Data Tertaut Terbuka.

PDAM Makassar