kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Arham-Rahmat Raih Nomor Urut 3, Ada Makna dalam Islam dan Jawa

Arham-Rahmat Raih Nomor Urut 3, Ada Makna dalam Islam dan Jawa
Arham Basmin Mattayang dan Rahmat memperlihatkan angka 3 pada pencabutan nomor urut calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Luwu, Senin (23/9). Foto ist
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Arham Basmin Mattayang-Rahmat mendapat nomor urut 3. Nomor urut itu didapat Arham-Rahmat saat KPU Luwu mengadakan pengundian nomor urut untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati, Senin (23/9).

Menurut Arham Basmin Mattayang disapaan ABM bahwa ada makna dalam islam dan jawa. Lantas apa makna atau arti dari angka 3 dalam kepercayaan Islam dan Jawa?

Pemprov Sulsel

Menurutnya, bahwa angka 3 dalam Islam Dalam Islam, angka 3 merupakan angka yang istimewa. Ulama ternama, M. Quraish Shihab pernah menjelaskan keistimewaan angka 3 ini dalam perspektif Islam pada kanal Youtube NarasiTV.

Dimana kata ABM bahwa angka 3 berbicara tentang dengan pikiran dan keyakinan, aktivitas dan bagian tubuh, dan yang terakhir berkaitan dengan moralitas. Angka 3 juga berarti “banyak”.

“Misalnya, ketika berwudhu diperbolehkan membasuh satu bagian tubuh sebanyak satu kali. Namun jika ingin sempurna maka basuhlah sebanyak 3 kali,”ujarnya.

Selain itu, angka 3 dalam Islam yang banyak dikutip di berbagai sumber juga sering disampaikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Angka 3 dalam pandangan Jawa Sementara dalam kepercayaan Jawa, angka 3 juga memiliki makna-makna. Tiga dalam Bahasa jawa adalah Tigo atau Telu. Dirangkum dari berbagai sumber, dalam kepercayaan Jawa, angka 3 melambangkan kelengkapan atau tiga unsur yang saling melengkapi.

Angka 3 sering dikaitkan dengan konsep Tri Murti, atau tiga dewa utama dalam agama Hindu, yaitu Brahma, Wisnu dan Siwa. Selain itu, Angka 3 juga melambangkan kesatuan, atau tiga unsur yang menyatu. Angka 3 juga melambangkan tiga kehidupan manusia, yakni Alam ruh/kandungan, duniawi/kehidupan, dan akhirat/kematian.

Angka 3 juga dianggap memiliki arti baik untuk urusan kesehatan dan keselamatan. Itulah beberapa arti dan makna dari nomor 3 yang menjadi nomor urut Arham-Rahmat di Pilkada Luwu 2024.

PDAM Makassar