kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Usai Dilantik, 50 Anggota DPRD Makassar Diminta Segera Bentuk Fraksi

Tren Gadai SK Pelantikan ke Bank, Ini Kata DPRD Makassar
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar terpilih periode 2024-2029 dilantik (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota Makassar, Dahyal meminta agar anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, periode 2024-2029, yang telah dilantik untuk segera membentuk komposisi fraksi dalam waktu sebulan.

“Jadi yang penting ini (pasca pelantikan) adalah pertama fraksi dulu dibentuk. Setelah fraksi terbentuk, ada beberapa yang harus diselesaikan yakni bagaimana menyiapkan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib,” ujar Dahyal kepada wartawan, Kamis (12/09).

Pemprov Sulsel

Dikatakan Dahyal, bahwa telah ditetapkan 2 pimpinan DPRD sementara yakni, ketua Supratman dari Nasdem dan wakil ketua Andi Suharmika mewakili Golkar yang akan bertugas memimpin menjalannya jadwal rapat.

Dahyal menjelaskan bahwa pembahasan tata tertib ini akan diselesaikan oleh pimpinan DPRD Makassar, namun sebelum pimpinan definitif ditetapkan yang berjumlah empat orang.

“Tata tertib itu penting, kenapa? Karena ada PP nomor12 yang baru, sehingga harus ada beberapa tata tertib yang berubah,” jelasnya.

“Ya butuh waktu satu bulan lah, satu bulan untuk fraksi. Kalau kita maunya semua jalan di satu bulan ini di September, kalau bisa selesai September, supaya bisa berjalan anggaran pokok karena ini mau dibahas di tahun 2025. Itu tugas pertamanya mereka bagi anggota dewan baru,” lanjut Dahyal.

Setelah dilantik, kata Dahyal bahwa agenda terdekat pada 50 anggota DPRD Makassar periode 2024-2029 ini, yaitu akan melakukan bimbingan teknis yang rencananya akan digelar di daerah representatif.

“Jadi semua kegiatan kedewanan itu nanti bisa dilakukan setelah orientasi (Bimtek). Dalam waktu dekat kami baru berkoordinasi dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi, karena untuk DPRD Kabupaten Kota itu dikoordinasikan pelaksanaan orientasinya oleh BPSDM Provinsi,” pungkasnya.

PDAM Makassar