kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Muetazim Mansyur Bakal Calon Wabub Maros Jalani Tes Kesehatan

Muetazim Mansyur Bakal Calon Wabub Maros Jalani Tes Kesehatan
Paslon Chaidir Syam dan Muetazim Mansyur di Pilkada Maros (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Ketua KPU Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumaedi menyebut Muetazim Mansyur menjalani tes kesehatan hari ini, Rabu (11/09) sebagai bakal calon Wakil Bupati Maros dari pasangan Chaidir Syam.

“Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh calon Wakil Bupati yang diajukan sebagai pengganti itu dilakukan sama dengan pemeriksaan kesehatan sebelumnya. Yakkni mengacu pada regulasi yang ada yakni Surat Keputusan 1090 tentang pedoman teknis pemeriksaan kesehatan,” ucap Jumaedi saat dikonfirmasi KabarMakassar.com.

Pemprov Sulsel

“Kalau sesuai jadwal yang kami buat pemeriksaan kesehatan dimulai sejak hari pertama pengajuan penggantian pada tanggal 7-13 September,” tambahnya.

Diketahui, KPU Maros bekerjsama pihak RS UNHAS, dan dari bakal calon wakil Bupati itu mengajukan hari pemeriksaan kesehatan.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Chaidir Syam-Suhartina Bohari, Chaerul Syahab memastikan, pendamping petahana itu menjalani pemeriksaan kesehatan.

Untuk diketahui, Chaidir-Suhartina sebelumnya diusung 16 parpol untuk maju pada Pilkada Maros 2024. Partai-partai itu, yakni Golkar, PAN, PDIP, NasDem, Gelora, Hanura, PPP, PKS, Perindo, Gerindra, PBB, PKB, Demokrat, PSI, Partai Buruh, dan PKN.

Dimana ia juga mengungkap alasan Kepala Dinas PUTRPP Maros Muetazim Mansyur diusulkan menjadi pengganti Suhartina sebagai bakal calon wakil bupati (bacawabup) mendampingi Chaidir pada Pilkada Maros 2024.

Menurutnya, bahwa partai koalisi bersepakat agar figur yang diusulkan merupakan birokrat yang bisa membantu kerja-kerja Chaidir andai memenangkan pilkada.

Dimana, kata Chaerul mulanya menjelaskan bahwa proses penentuan pengganti Suhartina cukup alot karena partai-partai pengusung ingin mendorong kader mereka masing-masing.

Namun, kata dia, demi menjaga keseimbangan dan menghargai semua pihak, diputuskan pengganti Suhartina yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dalam tes kesehatan, harus berasal dari non-partai politik (parpol).

“Beliau melihat adanya track record Muetazim Mansyur. Beliau dari Birokrat yang masih menjabat kepala PUPR Kabupaten Maros,” ungkapnya saat dikonfirmasi.

Lebih jauh Chaerul mengatakan bahwa partai pengusung awalnya mengusulkan agar sosok bacawabup pengganti dari kalangan pengusaha atau birokrat. Setelah melalui diskusi, kata dia, akhirnya sepakat untuk memilih sosok birokrat ketimbang pengusaha.

Sementara itu, partai koalisi telah mengusulkan Muetazim menjadi pengganti Suhartina sebagai bacawabup mendampingi Chaidir pada Pilkada Maros 2024. Kendati demikian, berkas pengusulannya masih menunggu surat dukungan B.1-KWK partai pengusung.

PDAM Makassar