kabarbursa.com
kabarbursa.com

HUT Kemerdekaan RI, 79 Bendera Berhasil Terbentang di Anjungan Pantai Losasi

HUT Kemerdekaan RI, 79 Bendera Berhasil Terbentang di Anjungan Pantai Losasi
Pembentangan 79 bendera merah putih diiringi dengan flyboard dan jetski di Kota Makassar (Dok : Hanifah KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pantai Losari, Makassar, disemarakkan dengan berbagai atraksi yang mengesankan dan menarik perhatian warga serta tamu undangan.

Pemerintah Kota Makassar menghadirkan sejumlah pertunjukan, termasuk flyboard dan water dance, yang menambah keunikan dalam upacara peringatan tahun ini. Suasana semakin semarak saat 79 bendera besar mulai dibentangkan.

Pemprov Sulsel

Diketahui, perayaan ini semakin istimewa dengan pengibaran 79 bendera besar di laut Pantai Losari. Setiap bendera memiliki panjang sekitar 100 meter, sehingga total panjang bendera yang dikibarkan mencapai 7.900 meter.

Bendera-bendera tersebut dibentangkan dari kapal pinisi Adama dan Tungguma menuju pelataran Bugis dan Makassar di Anjungan Pantai Losari. Pengibaran ini melibatkan 790 pegawai Kota Makassar yang secara bersama-sama menarik bendera agar berkibar megah di atas air.

Pengibaran bendera Merah Putih diiringi oleh aksi seorang pemain flyboard yang beraksi di udara. Dengan membawa bendera, ia meliuk-liuk di atas air, menyapa para penonton yang memadati kawasan Pantai Losari. Di bawahnya, para pengemudi jet ski yang berboncengan juga ikut memeriahkan dengan membawa bendera, menambah semangat kebangsaan di momen bersejarah ini.

Tidak hanya itu, di Tugu Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK), para petugas pemadam kebakaran turut menampilkan atraksi water dance yang berhasil memikat perhatian dari kejauhan.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, mengapresiasi pelaksanaan upacara perayaan HUT RI yang dibagi menjadu dua agenda besar. Yaitu upacara formal dan upacara khas/informal.

Meskipun, Danny mengakui sempat ada kendala saat pembentangan 79 bendera, ia bersyukur proses ini masih bisa berjalan dengan baik.

“Kita bisa lihat bahwa upacara formal berlangsung dengan baik, formasi juga bagus sekali, informal juga kita lihat, walaupun tadi agak berat dengan agar bergesernya perahu tadi, alhamdulillah berlangsung dengan baik,” ujarnya usai upacara di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (17/08).

Sebelumnya, Danny Pomanto, sapaannya, menjelaskan pihaknya mengusung tempat semangat bahari dalam perayaan HUT RI di Kota Makassar tahun ini.

Hal ini diimplementasikan dengan pembentangan 79 bendera diantara dua kapal phinisi.

“Jadi makassar terkenal dengan peradaban baharinya, sehingga dengan tema bahari yang difokuskan dengan tagline bersatu untuk semua merupakan semangat masa lalu yang diexplorasi kembali lewat phinisi, kita bendangkan 79 bendera melambangkan semangat kemerdekaan dan mengexplorasi senangat masa lalu yang kita satukan menuju masa depan yang dicita-citakan,” jelasnya.

Diketahui, upacara perayaan HUT RI Ke-79 di Makassar dihadiri oleh Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail. Selain itu, Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, bersama jajarannya, serta para anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Makassar, turut hadir.

Upacara ini juga dihadiri oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah, dan ketua RT/RW se-Kota Makassar, yang menyaksikan momen pembacaan naskah proklamasi di Anjungan Pantai Losari.

Tak ketinggalan, beberapa mantan Wali Kota Makassar seperti Andi Herry Iskandar, Ilham Arief Sirajuddin, dan Prof Yusran Yusuf juga tampak di antara tamu undangan. Semua peserta hadir dengan mengenakan pakaian adat Bugis Makassar, sementara para camat dan pejabat lainnya mengenakan pakaian dinas harian (PDH).

PDAM Makassar