kabarbursa.com
kabarbursa.com

Dishub Makassar Akan Tambah Titik Baru Trans Mamminasata

Dishub Makassar Akan Tambah Titik Baru Trans Mamminasata
Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Zainal Ibrahim (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Zainal Ibrahim, mengungkapkan bahwa akan ada titik pemberhentian baru untuk rute Trans Mamminasata.

Ia menyebut halcuni dilakukaan setelah pihaknya melakukan kunjungan audiens dengan Kepala UPT Trans Mamminasata, yang dilakukan pada Kamis (01/08) kemarin.

Pemprov Sulsel

“Dalam kunjungan tersebut, Kami membahas mengenai konsep rerouting Teman Bus, mengingat rute yang sebelumnya sudah ditutup,” ujar Zainal.

Zainal menambahkan bahwa rute yang sebelumnya telah ditutup adalah rute Kampus Teknik Unhas Gowa-Makassar. Berdasarkan kesepakatan dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, rute tersebut akan kembali beroperasi dengan jalur yang sedikit berbeda.

“Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Makassar telah melakukan survei untuk menentukan titik penempatan pemberhentian baru untuk rute tersebut,” jelasnya.

Ada tiga titik pemberhentian baru yang akan ditambahkan, yaitu satu titik di depan kantor Gubernur dan dua titik di Jalan AP Pettarani.

“Tambahan titik pemberhentian tersebut berada di depan kantor Gubernur dan dua titik lagi di Jalan AP Pettarani,” tandas Zainal.

Diketahui Sebagai informasi, Teman Bus Trans Mamminasata sebelumnya mengoperasikan empat koridor hingga akhir 2023. Namun, sejak 1 Januari 2024, dua koridor dihentikan operasionalnya. Koridor III yang melayani rute Kampus 2 PNUPD – PIP dan Koridor IV yang melayani rute Kampus Teknik Unhas Gowa – Panakkukang Square terpaksa ditutup.

Penutupan ini terjadi karena Kementerian Perhubungan hanya menganggarkan subsidi untuk dua koridor saja. Dua koridor lainnya diserahkan operasionalnya kepada pemerintah daerah. Namun, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyatakan tidak mampu membiayai operasional Teman Bus untuk dua koridor tersebut, sehingga penutupan menjadi tak terhindarkan.

Saat ini, Trans Mamminasata hanya mengoperasikan Koridor I dengan rute Panakkukang Square – Pelabuhan Galesong dan Koridor II dengan rute Mal Panakkukang – Bandara Sultan Hasanuddin.

Kabar baiknya, pemerintah pusat memutuskan untuk menambah subsidi anggaran untuk satu koridor lagi. Dengan adanya tambahan subsidi ini, Koridor IV yang melayani rute Kampus Teknik Unhas Gowa – Panakkukang Square akan kembali beroperasi.

Keputusan ini disambut baik oleh masyarakat yang berharap peningkatan aksesibilitas transportasi publik di Kota Makassar dan sekitarnya. Dengan beroperasinya kembali Koridor IV, diharapkan akan mempermudah mobilitas warga dan mengurangi kepadatan lalu lintas di daerah tersebut.

PDAM Makassar