kabarbursa.com
kabarbursa.com

Kucurkan Dana Rp31,5 Miliar, Pemprov Sulsel Target 5 Besar di PON 2024

Atlet Sulsel Bersiap Menuju PON XXI 2024
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan, Suherman (Dok: Nofi KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan dukungan penuh bagi para atlit Pekan Olahraga Nasional (PON). Kini anggaran dana PON di Sulawesi Selatan telah mencapai Rp31,5 miliar.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan, Suherman saat ditemui di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Pemprov Sulsel

“Kalau di anggaran pokok itu pemerintah provinsi sudah menganggarkan Rp 17,5 miliar untuk anggaran PON, itu hibah ke KONI. Namun, setelah KONI mengajukan untuk meminta tambahan, Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh mengalokasikan dana untuk tambahan KONI tentang penyelenggaraan PON itu sebesar Rp 14 miliar,” ujarnya.

Ia menyebut dengan adanya dana tambahan tersebut akan dilakukan koordinasi lebih lanjut bersama KONI untuk membahas kebutuhan para atlit.

“Kami berharap dengan jumlah keseluruhannya Rp 31,5 miliar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk prestasi para atlit di ajang PON di Medan dan Aceh nantinya,” jelasnya.

Suherman menegaskan bahwa dana Rp 14 miliar tersebut masuk dalam anggaran parsial, dan akan segera diproses pencairannya, mengingat pelaksaan PON tersisa dua bulan lagi.

Target masuk 5 besar bagi para atlit juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga tersebut, ia menuturkan bahwa posisi minimal harus bisa melebihi PON sebelumnya.

“Pemerintah provinsi selalu berharap agar para cabang-cabang olahraga, para KONI selaku pembina cabang olahraga untuk melakukan latihan secara berkelanjutan, monitoring atlitnya untuk meningkatkan prestasi para atlit sehingga nanti di PON dalam perlombaan, Sulsel dapat tampil lebih baik lagi,” jelasnya.

Ia menekankan bahwa terdapat sekitar 67 cabang olahraga yang diikuti dan semuanya merupakan unggulan pada pelaksanaan pergelaran PON.

“Tentunya seluruh cabang kita unggulkan, tidak ada cabang yang tidak di unggulkan. Cuman nanti kita melihat dimana kemampuan juga kekuatan para atlit kita,” tukasnya.

Pemantauan di setiap cabang olahraga digalakkan, baik dari Dispora maupun KONI. Hal itu dilakukan untuk menciptakan suasana agar para atlit dapat bersatu, enerjik, serta memperhatikan kesehatan juga mental. Segala persiapan semakin dimantapkan dalam dua bulan terakhir untuk menghadapi kejuaraan pertandingan para atlit PON.

Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh menuturkan bahwa pemenuhan anggaran yang diminta telah diberikan secara penuh.

“Jadi, semua yg diminta Rp 14 miliar saya penuhi semua, dari KONI meminta tambahan Rp 14 miliar 100 persen saya penuhi. Karena itu, akan saya tagih prestasinya besok,” tuturnya.

Ia menekankan bahwa anggaran dana tersebut akan ditransferkan sebelum para atlit berangkat.

PDAM Makassar