kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Danny Pomanto Sebut F8 Bakal Diselenggarakan di Kawasan Tugu MNEK

Danny Pomanto Sebut F8 Bakal Diselenggarakan di Kawasan Tugu MNEK
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto (Dok : Hanifah KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Makassar International Eight Festival and Forum (F8) 2024 akan kembali digelar dengan konsep yang berbeda.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang diadakan di Anjungan City Pantai Losari, F8 Makassar 2024 akan memindahkan panggung utamanya ke Kawasan Tugu MNEK, Center Point of Indonesia (CPI).

Pemprov Sulsel

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menjelaskan bahwa pemindahan lokasi ini bertujuan untuk memberikan suasana baru dan pengalaman berbeda bagi para pengunjung.

“Konsepnya kali ini berbeda kami ingin memanfaatkan pemandangan kota yang lebih luas dan spektakuler,” kata Danny Pomanto, sapaannya, Jumat (21/06)

Dengan pemindahan panggung utama ke Tugu MNEK, para tamu, peserta, dan pengunjung F8 Makassar akan disuguhkan pemandangan Kota Makassar dari dua sisi, yaitu sisi lama dan sisi baru. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang lebih berkesan bagi mereka.

Meskipun F8 diselenggarakan oleh pihak swasta, yaitu PT Festival Delapan Indonesia, Pemerintah Kota Makassar tetap memberikan dukungan penuh. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah dengan menjamu para tamu dan mengajak mereka makan malam di atas Kapal Pinisi.

“F8 itu sudah swasta. Tapi menerima tamu, makan malam harus tetap kita yang laksanakan karena memang kita punya urusan itu,” jelas Danny.

Selain itu, Danny menyatakan bahwa pihaknya berencana untuk meminta izin ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ebagai pemegang otoritas pengelolaan wilayah laut dan pesisir di Kawasan Tugu MNEK untuk melakukan penggalian guna membangun dermaga sebagai tempat bersandar kapal Pinisi.

Penggalian tersebut perlu dilakukan karena kedalaman air di sekitar Tugu MNEK dangkal dan tidak memungkinkan kapal Pinisi untuk bersandar secara langsung.

“Di situ kan ada standarnya. Harus ada dermaga kecil di situ, itu yang perlu kita persiapkan. Dangkal di situ, bukan event organizer yang gali tapi Pemkot,” tambah Danny.

Pembangunan dermaga Pinisi di Tugu MNEK diharapkan dapat menjadi daya tarik baru bagi F8 Makassar 2024 dan sekaligus mempermudah akses bagi para tamu untuk menikmati makan malam di atas kapal Pinisi.

PDAM Makassar