kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Prediksi 3 Kandidat Jelang Pilwali Palopo 2024

Prediksi 3 Kandidat Jelang Pilwali Palopo 2024
Bakal calon Walikota Palopo 2024 Rahmat Masri Bandaso (Dok : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Enam bulan menuju Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 27 November mendatang, sejumlah bakal calon Wali Kota Palopo semakin dinamis dalam memilih calon pendamping atau wakilnya.

Dimana sejumlah figur 01 di daerah berjuluk “Kota Idaman” itu, beberapa sudah semakin intens melakukan komunikasi.

Pemprov Sulsel

Rahmat Masri Bandaso atau RMB yang nampak akrab dan teduh berdiskusi dengan Putri Dakka (calon wali kota/ Ketua Nasdem Lutra) di salah satu cafe di Makassar, belum lama ini. Dimana keduanya, menjadi perbincangan hangat pada media sosial.

Saat dikonfirmasi KabarMakassar.com, Rabu (18/6), RMB mantan Wakil Walikota Palopo dua periode itu menuturkan bahwa pertemuan sejumlah tokoh merupakan bagian silaturahmi. Menurutnya silaturahmi itu bagian dari sikap politiknya sejak ia terjun ke dunia politik apalagi pernah menjadi Ketua DPRD Palopo.

“Iye Insya Allah mohon doanya untuk masyarakat Palopo. Palopo lebih baik kedepan dan lebih keren,” ucap RMB.

Meski demikian, RMB saat ini belum mengumumkan siapa bakal jadi pendampinginya. Namun, sejauh ini beberapa figur nantinya diseleksi menyusul langkah partai beringin rindang yang terlibat langsung dalam penentuan bakal calon wakilnya.

“Doakan saja ya dek segera ada calon wakilnya untuk pilkada Palopo,” ujarnya.

Lain halnya, kandidat lain yakni Trisal Tahir, ia disebut-sebut akan maju 01 Palopo dan menargetkan calon wakilnya dari kalangan internal Gerindra sendiri.

Figur itu tak lain adalah Ketua GPC Gerindra Palopo, Hj Hasriani. Ada juga figur 01 FKJ pun disebut-sebut punya banyak calon wakil, seperti akan berpaket dengan Ketua DPRD Palopo Dr Hj Nurhenih dan anggota DPRD Sulsel Irwan Hamid (PKB).

Pengamat politik dari Fakultas Hukum Unanda Palopo, Dr Haedar Djidar memberi prediksi terkait potensi jumlah Paslon jelang kontestasi Pilwali Palopo 2024.

“Kalau melihat komposisi kursi dari Parpol di DPRD maka memungkinkan bisa empat paslon. Tetapi, memungkinkan juga ada jalur perseorangan. Karena melihat sejarah Palopo dalam setiap Pilwalkot selalu ada Paslon jalur independen yang mendaftar,” kata mantan Ketua KPU Palopo itu.

Terkait hasil akhir tentu tergantung koalisi yang terbangun ke depan. Sebab, saat ini semua masih bersifat dinamis.

“Kalau hitugan normalnya bisa empat atau lima Paslon. Termasuk, memungkinkan ada Paslon dari jalur independen,” jelasnya.

Adapun beberapa figur yang diprediksi berpaket yakni, Ketua Golkar Palopo Dr Rahmat Masri Bandaso yang dibanyak grup WhatsApp mulai banyak bertebaran poster pasangan RMB ini. Sebut saja, ada sosok dr Nasaruddin Nawir Sp.OG (K) MARS.

Pasangan ini disebut punya potensi memimpin Kota Palopo lebih baik dan lebih sehat. Dimana sosok dr Nasaruddin merupakan birokrasi handal yang punya pengalaman dan jaringan luas, serta merupakan seorang pengusaha pemilik dari RSU St Madyang Palopo.

Ada juga bertebaran poster RMB dengan Alfi Jamil, dimana kolaborasi antara Partai Golkar Palopo dengan PDIP Palopo, menjadikan koalisi yang kuat di parlemen. Dimana Golkar memiliki 5 kursi dan PDIP memiliki 3 kursi.

Lalu ada juga isu RMB berpaket dengan Ketua Gerindra Palopo, Hj Hasriani. Ini juga menjadikan koalisi yang kuat di parlemen, dimana Gerindra memiliki 3 kursi di DPRD Palopo.

RMB dengan Ketua IDI Palopo, dr Abdul Syukur Kuddus Sp.B FINACS, RMB dengan Rustam Lalong, terus ada paket RMB dengan HM Yunus, RMB-Dr Bangun Tangke Padang, dan masih banyak lagi figur potensial.

Sementara itu figur lainnya yang disebut akan maju Calon Wali Kota Palopo adalah Dr H Farid Kasim. Yang saat ini sudah berstatus bukan ASN lagi lantaran sudah mengundurkan diri dari ASN.

Farid yang akrab disapa FKJ kini tengah membangun jaringan bisnis pendidikan di Kota Makassar. Survei Partai Golkar pusat telah memastikan memberi rekomendasi terhadap kader mereka yang akan maju bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November 2024.

Tidak terkecuali, Kota Palopo. DPP Partai Golkar akan mengusung ketua DPD Golkar Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB) di Pilkada. Bahkan, hasil pertemuan yang digelar di Jakarta baru-baru ini oleh semua kader Golkar atau bakal calon Pilkada termasuk RMB, DPP Partai Golkar menegaskan kepada kader-kader mereka untuk tancap gas dalam menghadapi persaingan Pilkada serentak.

Sementara itu, DPP Partai Golkar menurunkan tim survei terkait calon pendamping RMB. Menurut RMB, DPP Partai Golkar terlebih dahulu akan melakukan proses survey kepada figur-figur sebagai calon 02.

“Petujuk dari DPP Golkar akan melakukan survei pasangan calon pada bulan Mei mendatang,” ucap RMB.

Prediksi Pasangan Wali Kota – Wawali Palopo 2024

Rahmat M Bandaso : Putri Dakka dr Nasaruddin Nawir Sp.OG(K) MARS (owner RSU St Madyang) dr Abdul Syukur Kuddus Sp.B FINACS

Cawali Farid Kasim Judas : Hj Nurhenih (Ketua DPRD Palopo) Irwan Hamid (Anggota DPRD Sulsel PKB) Rustam Lalong (pengusaha)

Cawali Trisal Tahir: Hj Hasriani (Ketua Gerindra Palopo) Cawali Irbar Pairing Senobua H. Haidir Basir dr Herman Jaya

RMB-Ome Bersaing Rebut Demokrat

Sementara itu, dua figur bersaing mendapatkan rekomendasi partai Demokrat di Pilwali 2024. Adalah Rahmat Masri Bandaso (RMB) dan Akhmad Syarifuddin Daud alias (Ome).

RMB mengatakan bahwa belum memiliki pendamping untuk saat ini. Namun ia membuka ruang bersama kader Demokrat, jika memang punya kans menang.

“Apabila dalam survei setelah simulasi peluang untuk menang kita sama-sama, maka tidak ada masalah bagi kami,” katanya.

Ketua DPD II Golkar Kota Palopo itu menuturkan, telah menjaring 20 nama calon wakil. RMB optimis bisa menang, karena tak ada lagi petahana.

“Sudah 20 nama yang kami jaring sebagai pendamping. 90 persen (kita menang). Artinya kita tidak lihat presentasinya, tapi dibarengin niat yang tulus,” ujarnya.

Sementara itu, Ome mengaku belum menentukan pasangannya. Ia masih terus menjalin komunikasi dengan sejumlah figur di Palopo.

“Semua figur yang pasang gambar kita ajak komunikasi. Saat ini, kita terus lakukan penjajakan semuanya, termasuk partai,” ungkap Ome. Dia menuturkan, saat ini ia berstatus non partai. Namun Ome optimis bisa menjadi calon lewat jalur partai.

“Kami komunikasi semua partai. Semua figur kami ajak komunikasi. Yang penting cukup dulu syarat pengusungan. Semua partai kami optimis,” tuturnya. Diketahui, Demokrat memiliki 3 kursi di Palopo hasil Pileg 2024. Sementara syarat mengusung hanya 5 kursi untuk Pilwali Palopo 2024.

Pasangan Calon Walikota, Rahmat Masri Bandaso (RMB) dengan Calon Wakil Walikota, Rahmat Al Kafi (RK) dinilai pasangan ideal di Pilwalkot Palopo 2024. Demikian disampaikan Direktur Literatur, Asran Siara merespon dinamika politik di Pilwalkot Palopo 2024.

Asran Siara menyebutkan RMB sebagai salah satu calon yang menguat saat ini, makin dilengkapi dengan figur tokoh muda seperti Rahmat Al Kafi.

“Kolaborasi tokoh senior (RMB) dengan Kafi sebagai representasi tokoh muda patut diperhitungkan,” terangnya.

Asran Siara menambahkan komposisi pemilih di Kota Palopo yang didominasi generasi muda yakni Generasi Z dan Generasi Milenial sehingga representasi figur muda sangat dibutuhkan.

“Bisa kita pastikan jumlah pemilih muda bisa mencapai 60%. Hal ini tentu bisa menjadi pertimbangan strategis untuk menarik figur muda untuk meraup dukungan memenangkan Pilkada,” tambahnya.

Momen bakal calon Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB) dan Rahmat Al Kafi (RK) bertemu jadi perbincangan hangat. Pertemuan tersebut, diduga membahas sejumlah perkembangan terkait peta politik Pilwalkot Palopo 2024.

Diketahui, Rahmat Al Kafi (RK) merupakan figur yang saat ini menguat jadi Calon Wakil Walikota di Pilkada Palopo 2024. Dimana spekulasi RMB-RK kemungkinan tengah menjajaki koalisi menarik perhatian publik.

Pasalnya, hingga saat ini Pilwalkot Palopo 2024 masih sangat dinamis. Sejumlah figur yang digadang-gadang maju di Pilwalkot Palopo 2024 belum menentukan pasangan. Rahmat Al Kafi yang dikonfirmasi mengenai foto tersebut belum mau berkomentar banyak.

“Hanya pertemuan biasa,” singkatnya. Rahmat Al Kafi merupakan sosok tokoh muda yang belakangan menarik perhatian publik dan banyak diisukan bakal digaet jadi Cawalkot di Pilkada Palopo 2024.

Tokoh muda Kota Palopo ini dikenal memiliki jejaring yang luas hingga ditingkat nasional. Keberhasilan Rahmat Al Kafi memimpin sejumlah organisasi kepemudaan membuatnya banyak dielu-elukan oleh sejumlah generasi muda maju di Pilwalkot Palopo 2024.

Paket RMB-Ome Bisa Terwujud?

Sementaranitu, mantan Wakil Walikota Palopo Akhmad Syarifuddin menyatakan dalam politik kemungkinan bisa terjadi seperti berpasangan dengan Rahman Masri Bandaso di Pilkada serentak 2024 yang dihelat 27 Nopember mendatang.

Dimana jelang kontestasi Pilwali Palopo, paket Rahmat Masri Mandaso (RMB) dan Akhmad Syarifuddin digadang-gadang akan maju berpasangan sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali Kota Palopo, Sulsel, Pilkada Serentak 2024.

Ome sapaan Akhmad Syarifuddin, tidak menutup kemungkinan akan maju sebagai kosong dua mendampingi RMB, meski saat ini kedua figur tersebut menyosialisasikan diri sebagai calon wali Kota Palopo.

Mantan calon Walikota Palopo 2018 itu juga menyebut segala kemungkinan dapat terjadi dalam politik, termasuk berduet dengan RMB di Pilkada Palopo. Ia pun memberi contoh bagaimana Gibran Rakabuming Raka yang tidak disangka menjadi pendamping Prabowo Subianto saat Pilpres 2024.

“Politik kan dinamis. Semua ini kan, segala kemungkinan bisa saja. Apa bedanya kan Pak Prabowo dengan Gibran,”ucap Ome kepada awak media di kantor PDI Perjuangan Sulsel, di Makassar.

Diketahui, Pilkada Palopo 2013 silam, Ome menjadi pendamping Judas Amir. Judas-Ome saat itu berhasil memenangkan Pilkada Palopo dalam dua putaran.

Empat tahun berselang, Ome maju sebagai calon wali kota Palopo berpasangan Budi Sada. Duet ini kalah oleh pasangan Judas-RMB. Ome dan RMB saat momen Idulfitri 2024.

Meski santer disebut akan berduet RMB, Ome menegaskan saat ini masih fokus membangun komunikasi politik sebagai calon wali Kota Palopo.

Dimana PDIP menjadi salah satu kendaraan yang dibidik mantan aktivis ini. Ia telah mengikuti uji kelaikan dan kepatutan untuk mengendarai partai berlambang banteng moncong putih.

Ia berharap, tiga kursi PDIP di Palopo dapat mengusungnya. Ome mengeklaim PKS dan Hanura bakal bergabung mencukupkan karena masing-masing meraih 1 kursi saat Pileg 2024 di Palopo.

“Kita berharap PDIP menjadi bagian dari perjuangan kita bersama. Karena posisinya memang tiga kursi, untuk melengkapi itu kami sudah komunikasi dengan PKS dan Partai Hanura,” tutur Ome.

Sementara itu, jika maju sebagai 01 Pilkada Palopo, Ome telah mengantongi sejumlah nama yang akan menjadi pendampingnya. Termasuk politisi Nasdem, Putri Dakka hingga legislator DPRD Sulsel, Irwan Hamid.

“Siapa pun terbuka untuk itu (calon wakil) sepanjang komunikasinya terbuka dan kita intens. Tapi kan, lagi-lagi, ujung-ujungnya tentu kita akan melihat siapa yang menjadi rekomendasi partai,” kata Ome.

Untuk maju Pilkada Palopo, setiap pasangan calon harus diusung minimal 20 persen suara partai politik pemilik kursi di DPRD. Jumlah itu jika dikonversi sebanyak 5 kursi.

Saat ini, baru pasangan Farid Kasim Judas dan Nurhaeni yang bakal maju sebagai calon wali kota dan wakil wali Kota Palopo. Duet ini direkomendasikan Partai Nasdem dengan 6 kursi.

PDAM Makassar