kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Universitas Islam Al-Azhar Mataram Studi Banding ke FK UMI

Universitas Islam Al-Azhar Mataram Studi Banding ke FK UMI
Rektor dan pimpinan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram melakukan kunjungan studi banding ke FK UMI (Dok : Andini KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Rektor dan pimpinan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram melakukan kunjungan studi banding (benchmarking) ke Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia di Makassar, Rabu (18/09).

Rektor Universitas Islam Al-Azhar Mataram, Dr. Muh. Ansyar mengatakan pihaknya berkunjung untuk melakukan benchmarking atau studi banding tentang pengelolaan keuangan khususnya di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia.

Pemprov Sulsel

Hal ini dilakukan untuk mengembangkan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram yang kini telah berusia 20 tahun namun dirasa belum berkembang dan sebaik fakultas kedokteran lainnya.

“Kami dengan yayasan berkomitmen membenahi berbagai lini sehingga kita bisa berlari cepat setelah kita evaluasi ternyata kami mencoba untuk melakukan pembanding benchmarking khusus pengelolaan keuangan di fakultas kedokteran,” ungkapnya, Rabu (18/09).

Menurutnya, Fakultas Kedokteran merupakan penyumbang dana terbesar dalam sebuah universitas sehingga
diperlukan kemampuan pengelolaan keuangan yang baik agar memberikan manfaat keberlanjutan bagi universitas.

“Kesimpulan untuk melakukan beanchmarking melihat UMI sudah jauh melangkah sehingga kami memilih kesini. Karena kita juga sama-sama bernafaskan Islam sehingga banyak hal bisa kami pelajari bersama,” tambahnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran UMI, Dr. Nasruddin A. Mappaware mengatakan pihaknya menerima kunjungan dari Universitas Islam Al-Azhar Mataram dalam rangka benchmarking yang tentunya adalah hal yang sangat baik dalam hal ini sesama kampus swasta.

“Tentu kami saling menyemangati saling mengisi, sebenarnya bukan hanya mereka yang belajar yah kami juga sharing sehingga mendapatkan pengalaman di universitas masing-masing dan yayasan masing-masing punya keunikan dalam pengelolaan dalam pengelolaan itu yang mungkin juga kita bisa
mengadopsi atau mereka juga mengadopsi apa yang berlangsung disini,” ujarnya.

Menurutnya, masalah pengelolaan keuangan di kampus swasta lumayan seksi dibahas karena kebijakan masing-masing yayasan dan universitas yang berbeda sehingga diperlukan model dan mekanisme yang terbaik.

“Memang pengelolaan keuangan di kampus swasta agak seksi karena perbedaan kebijakan masing-masing universitas dan yayasan sehingga kita perlu mencari model bentuk dan mekanisme yang tentu yang terbaik terutama dalam pengembangan institusi pembelajaran,
penelitian dan pengembangan investasi SDM serta sarana prasarana,” pungkasnya.

Rektor Universitas Islam Al-Azhar Mataram menyebut studi pengelolaan keuangan ini selain penting juga sangat mempengaruhi penilaian akreditasi fakultas dan jurusan sehingga pihaknya berharap dapat menyamai UMI dengan meraih akreditasi unggul.

“Kami juga melihat UMI yang sudah unggul saat ini. Kami untuk fakultas kedokteran akreditasi baik sekali (A) nah kita harap itu kedepannya juga bisa menyamai UMI menjadi unggul salah satu yang dilihat itu dalam penilaian pengelolaan keuangan
itu tadi yang dijelaskan pak dekan mengenai pengelolaan keuangannya bagaimana supaya kita bisa memperoleh poin yang tinggi di dalam poin khusus untuk pengelolaan keuangan untuk fakultas kedokteran,” pungkasnya.

PDAM Makassar