kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Tingkatkan UMKM-Pariwisata, Pj Bupati Jeneponto Launching Destinasi Wisata Birtaria Kassi

Tingkatkan UMKM-Pariwisata, Pj Bupati Jeneponto Launching Destinasi Wisata Birtaria Kassi
Pj Bupati Junaedi Bakri, resmi meluncurkan spot baru destinasi wisata Birtaria Kassi. (Foto/ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pj Bupati Junaedi Bakri, resmi meluncurkan spot baru destinasi wisata Birtaria Kassi, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Kepala SKPD, PPK Ormawa HMJ Geografi Universitas Negeri Makassar (UNM), Danramil, Kapolsek Tamalatea, Pokdarwis, serta pelaku UMKM bidang pariwisata.

Pemprov Sulsel

Dalam sambutannya, Bupati Jeneponto menyampaikan pentingnya pengembangan destinasi wisata sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian lokal dan menarik kunjungan wisatawan.

” Kehadiran pariwisata di suatu wilayah memiliki standar ganda atau multiflyer effect bagi kehidupan warga sekitar baik secara ekonomi maupun sosial,” ungkap Junaedi Bakri. Minggu (1/9).

Disisi lain, spot wisata Birtaria Kassi diharapkan juga mampu menjadi daya tarik baru yang tidak hanya memperkenalkan keindahan alam Kabupaten Jeneponto tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Disamping itu pula, acara ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap pelaku UMKM di sektor pariwisata yang akan mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengembangan dan pengelolaan destinasi wisata ini.

Terlebih lagi kata dia, penambahan fasilitas dan kegiatan yang akan diadakan di Birtaria Kassi diharapkan dapat memperkuat posisi Kabupaten Jeneponto sebagai salah satu tujuan wisata unggulan di daerah.

Sementara itu, Plt. Kadis Pariwisata Jeneponto, Suardi menuturkan destinasi wisata Birtaria Kassi memiliki keunggulan komparatif dibandingkan dengan destinasi lainnya karena destinasi ini memadukan wisata alam dengan wisata pantai sekaligus dalam satu lokasi.

Bahkan menurutnya, di era tahun 80an sampai awal 2000-an, Birtaria Kassi menjadi destinasi primadona di bagian selatan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Berkunjung ke Birtaria Kassi seperti mengulang kenangan manis di masa lalu,” ungkapnya.

Sementara salah seorang pengunjung bernama Yuli saat ditemui di lokasi itu mengatakan keunggulan wisata Birtaria Kassi karena memiliki pemandangan alam yang asri.

Menurut Dia, para pengunjung dapat disuguhi pemandangan dengan alami seolah kita berada di tengah hutan dengan pepohonan yang rindang dan tumbuhan bambu yang rimbun, dipadukan dengan suasana pantai dengan deburan ombak yang menenangkan jiwa.

Menariknya lagi, salah satu spot yang paling unik di Birtaria Kassi karena ada Sumur air tawar yang berada tepat dibibir pantai. Dimana warga lokal menyebut jika sumur ini sebagai Sumur Jodoh namun sebagian warga meyakini kandungan air dari sumur ini bisa bikin awet muda,” imbuh Yuli.

Pada kesempatan Launching ini juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan bagi pemenang Lomba Destinasi Wisata yang diikuti oleh Pokdarwis Destinasi Wisata di Kabupaten Jeneponto.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat lokal, acara ini menandai langkah positif dalam memajukan industri pariwisata di Kabupaten Jeneponto.

PDAM Makassar