kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Targetkan Reintegrasi Mantan Narapidana, Danny Pomanto Dukung Pendirian Rumah Singgah

Targetkan Reintegrasi Mantan Narapidana, Danny Pomanto Dukung Pendirian Rumah Singgah
Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto saat menerima kunjungan Bapas Kelas I Makassar (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, menyatakan dukungan penuh terhadap inisiatif Balai Permasyarakatan Kelas I Makassar untuk mendirikan Rumah Singgah Griya Abhipraya. Menurutnya, program ini sangat penting dalam membantu proses reintegrasi sosial bagi mantan narapidana.

“Kami mendukung penuh program ini. Inisiatif seperti ini sangat luar biasa,” ujar Danny Pomanto saat menerima audiensi dari Kepala Balai Permasyarakatan Kelas I Makassar, Surianto, di Kantor Wali Kota, Rabu (18/09).

Pemprov Sulsel

Surianto menjelaskan, rencana pendirian Griya Abhipraya ini merupakan bagian dari target nasional Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) yang menginstruksikan seluruh Balai Permasyarakatan di Indonesia untuk membangun rumah singgah tersebut pada tahun 2024.

Dalam audiensi tersebut, Surianto yang baru saja menjabat sebagai Kepala Balai Permasyarakatan sejak 5 September 2024, menyampaikan bahwa tujuan kunjungannya adalah untuk bersilaturahmi sekaligus meminta dukungan dari Pemerintah Kota Makassar terkait pendirian Griya Abhipraya.

Rumah singgah ini akan berfungsi sebagai tempat bagi mantan narapidana untuk mendapatkan bimbingan dalam memperbaiki diri dan kembali ke masyarakat.

“Griya Abhipraya akan menjadi rumah singgah bagi mantan narapidana. Kami juga akan mengembangkan pidana alternatif sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023,” jelas Surianto.

Ia berharap Griya Abhipraya dapat memberikan dampak positif dalam membantu mantan narapidana memperbaiki hidup mereka, serta berkontribusi pada pembangunan masyarakat.

Program yang akan dijalankan di rumah singgah ini terdiri dari dua aspek utama, yakni pembinaan kepribadian dan pelatihan keterampilan untuk mendorong kemandirian mereka.

“Di dalam Griya Abhipraya, ada dua program utama yang akan dijalankan, yaitu pengembangan kepribadian dan pelatihan kemandirian. Untuk itu, kami memerlukan sinergi dengan pemerintah kota,” tambahnya.

Surianto juga mengungkapkan harapannya agar rumah singgah tersebut dapat diresmikan pada Oktober 2024 mendatang.

“Mudah-mudahan, bulan depan Griya Abhipraya sudah bisa diresmikan,” tutup Surianto.

PDAM Makassar