kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Sedekah Seribu Sehari, Program yang Digagas Pj Gubernur Sulsel

Sedekah Seribu Sehari, Program yang Digagas Pj Gubernur Sulsel
Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh (Dok: Nofi KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Zudan Arif Fakrulloh telah menggagas program Sedekah Seribu Sehari, ia menilai program ini memiliki begitu banyak manfaat.

“Progam S3 atau Sedekah Seribu Sehari, jika diterapkan di pegawai Pemprov, sekitar 30 ribu ASN. Kalau konsisten, maka dalam sebulan bisa terkumpul Rp 30 ribu. Jika dikalikan 30 ribu orang, itu bisa Rp900 juta dan dalam setahun bisa Rp10,8 miliar,” ujar Prof Zudan beberapa waktu lalu.

Pemprov Sulsel

Ia juga mendorong agar semangat sedekah seribu sehari tersebut dapat ditularkan kepada sekitar.

“Mari kita bersama-sama membangun kemandirian. Apabila kita tularkan ke masyarakat, komunitas, PKK bisa mengajak sisihkan dari belanja harian untuk bangun kemandirian masyarakat,” ucapnya.

Selain dilingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, hal tersebut juga di laksanakan di sekolah-sekolah.

Kepala Bidang (Kabid) SMA Dinas Pendidikan Sulsel, Nurkusuma menyebut jika itu bersifat sukarela.

“Jadi itu bukan pungutan, itu sebenarnya hanya disiapkan kotaknya. Apabila ada orang yang mau menyumbang silahkan, tidak ada masalah, itu sifatnya sukarela,” ucapnya pada Senin (05/08).

Ia menyebut karena sedekah tersebut bersifat sukarela maka jumlahnya juga tidak ditentukan, termasuk dengan waktunya.

“Mau perhari atau tidak, tak menjadi masalah. Semua dibawah Pemerintah Provinsi Sulsel, seluruh OPD (bisa sedekah)” tukasnya.

Ia menekankan Sedekah Seribu Sehari adalah slogan yang didalamnya tak ada paksaan untuk menyumbang.

“Namanya sedekah kan kemampuan kita sendiri, kalau ada alhamdulillah kalau tidak ada tidak apa-apa. Tidak ada sanksi yang diberikan juga kalau tidak membayar. Sedekah Seribu Sehari itu hanya slogan buat kami,” paparnya.

Ia mengatakan nantinya hasil sedekah tersebut akan dikumpulkan tiap bulannya dan diberikan ke Baznas.

“Kan ada Baznas yang kita fasilitasi, Baznas Provinsi Sulsel. Untuk rencana awalnya itu pengumpulannya perbulan, lalu langsung dibawa ke Baznas. Kalau di Disdik itu hanya berupa laporan,” tuturnya.

Berdasarkan laman resmi Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel, Sedekah Seribu Sehari atau S3 yang digagas oleh Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakhrulloh berhasil diterapkan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel.

Hasil dari S3 sebelumnya telah disalurkan ke Masjid Nurut Tarbiyah dalam bentuk dispenser untuk melayani kebutuhaan jamaah. Kali ini hasil dari S3 dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk sedekah nasi kotak yang akan dibagikan setiap selepas shalat Jumat.

PDAM Makassar