kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Sambut HUT ke-79 RI, Kesbangpol Bagikan Bendera Gratis

Sambut HUT ke-79 RI, Kesbangpol Bagikan Bendera Gratis
Kepala Kesbangpol Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie (doc : int)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Makassar akan membagikan bendera merah putih gratis kepada masyarakat.

Kepala Kesbangpol Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan nasional untuk mendistribusikan 10 juta bendera di seluruh Indonesia.

Pemprov Sulsel

“Kami telah menyampaikan inisiatif pembagian 10 juta bendera ini kepada para camat,” kata Andi Bukti.

Ia menjelaskan bahwa gerakan ini didasarkan pada instruksi Mendagri No. 400.10.1.1/2152/SJ yang dikeluarkan pada 8 Mei 2024 mengenai gerakan pembagian bendera merah putih.

“Dukungan juga diberikan melalui surat edaran walikota No. 003.01/186/S/Kesbangpol/VI/2024 tentang gerakan pembagian bendera merah putih tahun 2024,” tambahnya.

Gerakan ini berlangsung dari 1 Juni hingga 17 Agustus 2024, melibatkan seluruh elemen masyarakat di setiap wilayah.

“Kami meminta semua camat, bersama Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Makassar, untuk membagikan bendera merah putih ke seluruh kelurahan, LPM, RW, RT, dan seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya.

Distribusi bendera secara besar-besaran akan dimulai pada Senin, 5 Agustus mendatang.

“Kita harus memulai pada Senin depan agar tidak terlambat sebelum 17 Agustus,” katanya.

Andi Bukti juga menyebutkan bahwa semua persiapan telah selesai. Untuk mempercepat distribusi, pembagian akan dilakukan di beberapa kecamatan dalam satu hari.

“Dalam satu hari, mungkin akan ada tiga kecamatan yang terlibat, sehingga seluruh proses dapat selesai dalam empat hari,” ujarnya.

Kesbangpol akan mengirim tim untuk menyerahkan bendera ke setiap kecamatan, yang kemudian akan didistribusikan ke masing-masing kelurahan.

“Setelah diterima oleh kecamatan, bendera akan diberikan ke kelurahan, dan lurah yang akan mendistribusikannya ke RT dan RW,” tutupnya.

PDAM Makassar