kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Pelaku UMKM Berbasis Turunan Sawit Gelar Deklarasi Yes Palm Oil Insidel

Pelaku UMKM Berbasis Turunan Sawit Gelar Deklarasi Yes Palm Oil Insidel
Kegiatan Semarak UKMK Sawit 2024 Do'Sawit (Dok: Ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Para pelaku UMKM berbasis turunan sawit di Indonesia menggelar Deklarasi Yes Palm Oil Insidel pada kegiatan Semarak UKMK Sawit 2024 Do’Sawit “UKMK Sawit yang berdaya untuk Sawit yang Berjaya di Indonesia”. Acara tersebut diselenggarakan di Trans Studio Mall, Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Sulawesi Selatan sejak tanggal 1 sampai dengan 3 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut di buka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Ichsan Mustari. Semarak UKMK Sawit ini telah dilaksanakan sebelumnya di 5 kota besar di Indonesia dan Makassar menjadi lokasi yang ke enam.

Pemprov Sulsel

Mulai dari kota pertama hingga ke 6 di Makassar, kegiatan BPDPKS dapat mengedukasi masyarakat, memberi inovasi para pelaku UMKM juga memberi wawasan terhadap kehidupan selama 24 jam bersama sawit.

Tak banyak disadari, sawit bukan hanya untuk minyak goreng tetapi juga digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari dari berbagai bahan seperti pasta gigi, sabun, deterjen, propolin pada pakaian, handbody, lipstik, margarin, biodisel, pengemulsi pada permen, propilen pada kertas, dan lainnya.

Selain itu, dilakukan edukasi pada anak sejak dini tentang manfaat sawit baik seperti memperkenalkan sawit mulai dari anak TK, melalui menggambar sawit atau mewarnai, cerdas cermat tingkat mahasiswa terkait sawit, hingga ketangkasan terkait sawit para pengunjung. Hadir pula pakar gizi, pakar kecantikan dan pakar batik sebagai narasumber produk berbahan sawit.

Sekjen DPP, Apkasindo Perjuangan dan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sulsel, Sulaiman H Andi Loeloe, dalam hal ini juga pelaku UKM mitra binaan BPDPKS, yang memproduksi kopi krimer sawit, makanan dan minuman, serta kosmetik semua berbahan sawit, begitu juga produk UMKM mitra BPDPKS, lainnya yang selama ini ikut barpartisipasi di 6 Provinsi. Semua menggunakan bahan baku atau bahan penoling dari sawit.

“Selaku penginisiasi awal pada produk yang menggunakan turunan sawit khusunya UMKM Mitra Binaan BPDPKS, wajib penulisan pada komposisi produknya dengan kalimat “menggunakan minyak sawit atau lemak sawit”, ujarnya.

Itu untuk membuktikan, UMKM Binaan BPDPKS, mendukung sepenuhnya ketentuan UU Nomor 33 Tahun 2014, Tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

Sesuai kegiatan dan program BPDPKS, dalam Semarak UKMK Sawit Baik selama ini, salah satunya untuk menjamin keberlanjutan industri sawit melalui potensi Skala UKMK, serta menyelaraskan program kegiatan Rencana Bisnis (RTB) BPDPKS tahun 2024.

Ditengah tantangan munculnya terkait isu-isu negatif perkebunan kelapa sawit Indonesia, BPDPKS diharapkan mampu menjalankan serangkaian program pengembangan kelapa sawit guna keberlanjutan industri kelapa sawit.

“Dari hal ini menginisiasi saya meminta kepada pihak Direkotarat Kemitraan BPDPKS, untuk mendeklarasikan bagi UMKM Mitra Binaan BPDPKS Melakukan Deklarasi Yes Palm Oil Insidel atau Deklarasi Sawit Baik Makassar, yang mana kesepakatan tersebut akan menunjukkan serta membuktikan isu-isu sawit negatif itu mitos,” paparnya.

Deklarasi Palm Yes, Palm Oil Inside, pada Semarak UKMK Sawit Makassar Tahun 2024, di wakili oleh 16 Perwakilan UMKM dan LPM Universitas se Indonesia.

Turut hadir dalam deklarasi tersebut, Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana BPDPKS, Kabul Wijayanto, Kepala Bidang Pelaksana Anggaran II Kanwil DJPB Provinsi Sulsel, Angkasawantoro, Wakapolda Sulsel, Brigadir Jenderal Nasir, Kodam XIV/HSN, Brigadir Jenderal TNI Dwi Endrosasongko, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sulsel, Since Lamba, Ketua KADIN Sulsel, Ketua ISMI Sulsel, Kepala LPPM Unhas, serta para tamu dan peserta pembukaan Semarak UMKM Sawit Makassar 2024.

Deklarasi Yes, Palm Oil Insidel, pada Kamis (01/08) diikuti dan di tandatangani perwakilan dari UMKM Samade, UMKM Apkasindo, UMKM Apkasindo Perjuangan, UMKM Aspekpir, UMKM SPKS,UMKM LPP NU, UMKM Dekranasda Makassar, UMKM Kanwil DJPB Sulsel, UPU Politeknik, LPP Yogyakarta, LPPM Universitas Lambung Mangkurat, SBRC IPB, PWPM Aceh, Periset dari FT Universitas Indonesia, Periset dari LPPM ITB, Pusat Riset Agroindustri BRIN, dan PT Material Data Space.

Dengan Deklarasi Yes Palm Oil Insidel yang dimulai oleh UMKM Sawit Mitra Binaan BPDPKS, diharapkan agar perusahaan yang lebih besar juga turut melakukan penulisan kalimat yang sempurna pada komposisi produknya yang menggunakan minyak sawit atau turunan sawit lainnya dan sebagai kepedulian atas produk sawit baik.

PDAM Makassar