kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Pastikan Situasi Kondusif, Polres Jeneponto Lakukan Persiapan Pasukan Jelang Pilkada 2024

Pastikan Situasi Kondusif, Polres Jeneponto Lakukan Persiapan Pasukan Jelang Pilkada 2024
Kapolres Jeneponto, AKBP Widi Setiawan saat melakukan pengecekan pasukan persiapan Pengamanan Pilkada 2024 (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Jelang Pilkada serentak 2024, Polres Jeneponto menggelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Pallawa di halaman Polres Jeneponto Jalan Sultan Hasanuddin Nomor 66, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Sulawesi Selatan. Senin (05/08).

Apel pasukan gabungan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jeneponto, AKBP Widi Setiawan itu pun melibatkan personil Kodim 1425 Jeneponto, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Damkar, BPBD, Dinkes dan Senkom serta KPU, Bawaslu.

Pemprov Sulsel

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula dari jajaran Forkopimda Jeneponto diantaranya PJ. Bupati Jeneponto Junaedi Bakri, Dandim 1425 Letkol Inf Muh. Amin, Ketua PN Endah Sri Andriyati, Kajari Jeneponto Teuku Lutfansyah Adhyaksa, Ketua DPRD Arifuddin, serta Ketua KPU Jeneponto dan Ketua Bawaslu, para kepala OPD kabupaten Jeneponto

Apel pasukan tersebut juga dirangkaikan dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita operasi kepada perwakilan pelaksana operasi.

Penyematan itu juga sekaligus menjadi penanda kesiapan Polres Jeneponto bersama seluruh pihak terkait dan elemen yang terlibat ikut serta mengamankan jalannya pesta demokrasi Pilkada 2024 di Kabupaten Jeneponto.

Dalam amanatnya, Kapolres Jeneponto selaku Pimpinan Apel pasukan menyebutkan operasi Mantap Praja Pallawa 2024 akan berlangsung dalam rentang waktu yang cukup panjang.

Nantinya kata Dia, operasi Praja Pallawa ini akan di mulai pada tanggal 1 Agustus 2024 sampai tanggal 31 Maret 2025.

Dengan rentang waktu yang cukup panjang maka Kapolres AKBP Widi Setiawan menyebut operasi ini membutuhkan persiapan matang.

“Pastinya kita membutuhkan persiapan matang dalam Operasi ini, baik kesiapan personil maupun peralatan yang digunakan dalam pelaksanaan operasi, dan juga membutuhkan sinergi dan soliditas antar seluruh personil pengamanan maupun stakeholder terkait,” ucap Widi Setiawan dalam pidatonya.

Disamping itu, AKBP Widi Setiawan juga meminta para pasukan tetap mengedepankan komunikasi publik dan upaya cooling system.

Hal ini diharapkan agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan Pemilukada 2024.

Menurutnya, upaya ini bertujuan agar terhindar dari polarisasi atau perbedaan pendapat yang berujung terjadinya perpecahan persaudaraan dan silaturahmi antar warga masyarakat.

Didalam amanatnya ini, Kapolres juga mengajak seluruh komponen Polri yang didukung dari TNI, Instansi terkait dan Mitra Kamtibmas lainnya untuk berpartisipasi penuh guna mensukseskan Pemilukada 2024 di bumi Turatea tercinta ini.

Tujuannya, untuk memeriksa kesiapan kita dalam rangka pengamanan Pemilukada 2024.

“Kita periksa kesiapan personil, kesiapan operasional, kesiapan peralatan dan kesiapan lainnya, termasuk kondisi kesehatan dari personil pengamanan, dengan harapan bahwa kita akan mampu mewujudkan Pemilukada 2024 dengan aman dan kondusif di Kabupaten Jeneponto,” jelasnya.

Diakhir acara, para pasukan menampilkan show of force penggelaran personil pengamanan yang disertai dengan sarana prasarana randis TNI Polri dan instansi terkait.

PDAM Makassar