kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Pasangan Kandidat Kepala Daerah Bakal Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Selama 9 Jam

Pasangan Kandidat Kepala Daerah Bakal Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Selama 9 Jam
Komisoner KPU Makassar, Srihwahyuni dan Muhammad Yasir Arafat (Dok:Ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar menyebut, bahwa pemeriksaan kesehatan (Rikkes) pada pasangan kandidat calon kepala daerah, bakal berlangsung selama 9 jam lamanya.

Ketua KPU Makassar, Muhammad Yasir Arafat mengatakan bahwa hal itu hasil dari simulasi Rikkes yang dilaksanakan KPU Makassar, di Rumah Sakit (RS) Universitas Hasanuddin (Unhas) pada Minggu (25/08) pukul 10.30 wita.

Pemprov Sulsel

“Untuk pemeriksaan satu pasangan calon itu membutuhkan waktu kurang lebih 9 jam , sementar untuk waktunya kami menyusaikan dari pendaftaran paslon di kpu,” kata Yasir setelah mengadakan simulasi Rikkes di RS Unhas.

Selain itu, Yasir juga menyebutkan bahwa pihaknya telah menentukan pemeriksaan pada pasangan kandidat kepala daerah, yang bakal dilaksanakan pada 30 Agustus mendatang.

“Waktu pemeriksaan kesehatan, kami dari pihak KPU mengupayakan pemeriksaan kesehatan tanggal 30 Agustus,” ungkapnya.

Sebeleumnya diberitakan, KPU Makassar melaksanakan giat terkait simulasi pemeriksaan kesehatan (Rikkes) di Rumah Sakit (RS) Universitas Hasanuddin (Unhas), dengan melibatkan pihak keamanan.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, Abdi Goncing menagatakan simulasi Rikkes ini, bertujuan untuk memastikan kelancaran pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu syarat pendaftaran bakal calon Wali Kota Makassar dan Wakil Wali Kota Makassar.

“Untuk Rikkes akan dilaksanakan sehari setelah paslon melakukan pendaftaran. Jadwal pendaftaran paslon sendiri dimulai 27 september 2024 sampai 29 september 2024,” kata Abdi kepada KabarMakassar.com saat dikonfirmasi, Minggu (25/08).

Sementara itu, Ketua KPU Makassar, Muhammad Yasir Arafat menyebutkan bahwa setelah simulasi Rikkes, maka akan dilanjut dengan simulasi penerimaan pendaftaran calon di kantor KPU Makassar.

“25 Agustus 2024, pukul 10.30 Wita, akan dilaksanakan simulasi Rikkes di Rumah Sakit Unhas dengan pihak keamanan. Selanjutnya, 26 Agustus 2024, pukul 10.00 Wita, akan dilaksanakan simulasi penerimaan pendaftaran calon di kantor KPU Kota Makassar,” kata Yasir dalam keterangan tertulisnya.

PDAM Makassar