kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Nasdem, PPP dan Perindo Siap Dukung Prabowo-Gibran

Nasdem, PPP dan Perindo Siap Dukung Prabowo-Gibran
Presiden terpilih Prabowo Subianto (kiri) usai bertemu Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kertanegara, Jakarta (Dok : Int).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Tiga partai politik bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju atau KIM untuk mendukung rezim pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Ketiganya adalah Partai Nasdem, Perindo dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan, partainya mendukung dan siap membantu pemerintahan Prabowo-Gibran menjelang pasangan tersebut dilantik pada 20 Oktober 2024.

Pemprov Sulsel

“PPP memutuskan bergabung dan mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran dalam rangka memaksimalkan politik amar ma’ruf nahi munkar sebagaimana prinsip perjuangan PPP,” kata Achmad Baidowi dalam keterangan tertulis, Jumat (16/8).

Achmad Baidowi menepis bahwa PPP bergabung dengan KIM karena menginginkan kursi kabinet atau pos politik lainnya. Dia menegaskan bahwa PPP bergabung dengan koalisi partai pemenang Pilpres 2024 itu sebagai bentuk rekonsiliasi yang dilandasi semangat kebangsaan.

“Bergabungnya PPP ke Prabowo-Gibran murni mengedepankan politik kebangsaan, dan tidak membicarakan kursi kabinet maupun pos politik apapun karena semangatnya adalah rekonsiliasi untuk kemajuan bangsa,” kata Awiek, sapaan karibnya.

Senada dengan PPP, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan partainya siap mengerahkan seluruh daya untuk menyukseskan rezim Prabowo-Gibran. Surya Paloh berharap kehadiran partainya dalam KIM dan pemerintahan Prabowo-Gibran, tidak menjadi beban di kemudian hari.

“Saya juga mengatakan, mudah-mudahan Nasdem bukan sebagai faktor yang menambah beban, insyaallah mudah-mudahan dia bagian yang meringankan,” kata Surya usai bertemu Prabowo di Jakarta, Kamis malam.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Perindo Angela Tanoesoedibjo juga menemui Prabowo dan menyatakan mendukung pemerintahan ke depan. Angela mengatakan, partainya harus mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran untuk bisa berkontribusi lebih bagi negara.

“Memang kami melihat, Partai Perindo ke depannya ini harus terus mendukung pemerintahan karena kita ingin berkontribusi lebih lagi, ya, tentunya harus bergabung dengan pemerintah,” ucap Angela.

Diketahui pada Pilpres 2024, Rabu (14/2) lalu, PPP maupun Perindo merupakan dua partai yang mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 2024. Sedangkan, Nasdem adalah pengusung utama Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

PDAM Makassar