kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

KPU Makassar Buka Tanggapan Masyarakat dalam Berkas Paslon

KPU Makassar Buka Tanggapan Masyarakat dalam Berkas Paslon
Ilustrasi Pilkada (Dok : KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — KPU Makassar telah menerima hasil perbaikan berkas pencalonan dari 4 bakal pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar pada Pilkada 2024 yang dihelat pada 27 November mendatang.

Demikian dikatakan Anggota KPU Makassar, Muh. Abdi Goncing mengatakan, perbaikan dokumen ini sesuai dengan hasil verifikasi administrasi yang dilakukan oleh KPU Kota Makassar pada 4 september 2024.

Pemprov Sulsel

“Setelah menerima dokumen hasil perbaikan, KPU Kota Makassar kembali akan melakukan penelitian perbaikan persyaratan administrasi bakal calon pada tanggal 8-14 september 2024,” ucap Abdi saat dikonfirmasi, Selasa (10/09).

Menurutnya, bahwa selama 4 hari proses penilitian persyaratan administrasi tersebut, perwakilan KPU Makassar akan mendatangi sekolah atau kampus untuk mengecek keabsahan ijazah bakal paslon.

Setelah itu, KPU Makassar akan membuka kesempatan masyarakat untuk menyampaikan tanggapan atas berkas syarat pencalonan bakal paslon. Tahapan ini dijadwalkan pada 15 sampai 18 September mendatang.

“Terhadap tanggapan masyarakat yang diterima oleh KPU Kota Makassar, akan dilakukan klarifikasi atas tanggapan tersebut dari tanggal 15-21 september 2024,” jelas Abdi Goncing.

Selanjutnya, KPU Kota Makassar akan melakukan rapat pleno tertutup untuk menentukan calon yang memenuhi syarat dan akan diikutkan dalam rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pada 23 september 2024.

Senada ditambahkan, Komisioner KPU Makassar Sriwahyuningsih menuturkan bahwa sebagai penyelenggara tentunya membuka seluas-luasnya kepada ruang publik agar pelaksanaan Pilwalkot Makassar 2024 berjalan aman dan kondusif.

“Dengan ruang publik yang kami buka, KPU Makassar berharap peran partisipasi masyarakat Makassar,” ujar Sriwahyuningsih.

Diketahui, empat bakal paslon wali kota dan wakil wali Kota Makassar bertarung yaitu Andi Seto Asapa-Rezki Mulfiati Lutfi, Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham, Indira Yusuf Ismail-Ilham Ari Fauzi dan Amri Arsyid-Rahman Bando.

Pilkada Makassar terdapat 4 paslon:

  1. Andi Seto Asap-Rezki Mulfiati Lutfi (Partai Nasdem, PAN, Gerindra & PSI)
  2. Amri Arsyid-Rahman Bando (PKS)
  3. Indira Yusuf Ismail-Ilham Ari Fauzi (PDIP, PPP, PKB & Gelora)
  4. Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (Partai Golkar, Demokrat, Perindo, Partai Ummat, Hanura & PBB)
PDAM Makassar