kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Kadivpas Kemenkumham Sulsel Dorong Penguatan Tugas dan Integritas di Lapas Bulukumba

Kadivpas Kemenkumham Sulsel Dorong Penguatan Tugas dan Integritas di Lapas Bulukumba
Kadivpas Sulsel Saat memeriksa Beberapa ruang dikantor Lapas Bulukumba (Foto : Dok. Fitri KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Agung Aribawa, bersama Kabid Pembinaan dan TI, Ashari, memberikan penguatan tugas dan fungsi pemasyarakatan kepada jajaran Lapas Kelas IIA Bulukumba.

Dimana, acara yang berlangsung di Aula Lapas ini dihadiri oleh Kalapas Bulukumba, pejabat struktural, seluruh pegawai, serta anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Cabang Bulukumba.

Pemprov Sulsel

Dalam arahannya, Agung Aribawa menekankan pentingnya menjaga integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas. Ia juga menguraikan beberapa program prioritas Kementerian Hukum dan HAM, seperti penanggulangan pungli dan peredaran narkoba, ketahanan pangan, solusi atas masalah kelebihan kapasitas (overcrowding) di lapas, serta pemberian bantuan sosial bagi keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP).

“Kementerian Hukum dan HAM yang sekarang terbagi menjadi tiga kementerian membutuhkan pemahaman arah baru agar kita dapat fokus menjalankan tugas sesuai tanggung jawab masing-masing. Pemisahan ini bertujuan agar pengelolaan sumber daya manusia lebih terfokus di bidangnya,” ujar Agung.

Menurutnya, bahwa proses transisi sudah berjalan, dan tim khusus sedang bekerja memastikan kelancaran dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Selain pembekalan, Agung Aribawa juga melakukan peninjauan langsung ke berbagai fasilitas Lapas Bulukumba, seperti Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu, klinik, dan dapur.

Tidak hanya itu, ia juga memberikan apresiasi atas inovasi yang dilakukan Lapas Bulukumba dan menyarankan beberapa perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan bagi WBP dan pengunjung.

Sementara, Kelapas Kelas IIA Bulukumba Mut Zaini menyambut baik kegiatan ini.

“Kami berharap dengan penguatan ini, seluruh petugas Lapas Bulukumba semakin memahami tugas dan fungsinya serta mampu menjalankan tugas dengan lebih baik,” ujarnya.

PDAM Makassar