kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Jadi Lokasi Vitasi PKN Kemenag RI, Makassar Pamerkan Peningkatan PAD

Jadi Lokasi Vitasi PKN Kemenag RI, Makassar Pamerkan Peningkatan PAD
Pj Sekda Makassar, FIrman Hamid Pagarra saat menerima kunjungan VItasi PKN Kemenag RI (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menerima kunjungan peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II angkatan XXVII dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) di Ruang Sipakalebbi. Rombongan yang terdiri dari 15 peserta ini dipimpin oleh Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Kemenag RI, H. Syafi’i.

Firman menyambut dengan hangat kedatangan peserta visitasi yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

Pemprov Sulsel

“Selamat datang di Kota Makassar. Kami sangat berterima kasih karena Kota Makassar dipilih sebagai titik lokus visitasi kepemimpinan ini,” ujarnya.

Visitasi ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada peserta tentang berbagai aspek pemerintahan, termasuk inovasi dalam pelayanan publik, digitalisasi tata kelola pemerintahan, serta penerapan konsep Sombere and Smart City yang menjadi andalan Kota Makassar.

Firman menekankan bahwa keberhasilan Kota Makassar dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat tidak terlepas dari kepemimpinan yang berinovasi.

“Ratusan inovasi yang telah diterapkan di Kota Makassar memberikan kontribusi besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan PAD,” jelasnya.

Salah satu inovasi yang dibanggakan oleh Firman adalah program Protokol Sentuh Hati, di mana lurah dan camat di Kota Makassar wajib mengunjungi rumah warga setiap hari. Selain itu, ia juga memperkenalkan Sombere and Smart City sebagai platform utama yang telah melahirkan berbagai program cerdas, seperti Lorong Wisata, yang mencakup 21 konten inovatif untuk mengatasi berbagai persoalan kota.

Firman juga menjelaskan peran aplikasi-aplikasi seperti Pakinta yang berperan dalam peningkatan sektor pendapatan Kota Makassar, dengan melibatkan partisipasi aktif RT/RW untuk menyukseskan program-program pemerintah.

Pada sesi ini, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo), Ismawaty Nur, turut memaparkan konsep digitalisasi dalam pelayanan publik di Kota Makassar. Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Makassar, Andi Zulkifly Nanda, memaparkan item-item penting dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) terkait pengembangan kota.

Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Kemenag RI, H. Syafi’i mengapresiasi sambutan hangat yang diberikan oleh Pemkot Makassar. Ia berharap kunjungan ini dapat memberikan inspirasi dan hasil yang maksimal untuk mendukung aksi proyek perubahan para peserta diklat.

“Kami memilih Makassar karena melihat potensi dan inovasinya yang luar biasa. Semoga para peserta dapat mengambil banyak pelajaran penting dari kunjungan ini dan menerapkannya dalam proyek perubahan yang mereka lakukan,” tuturnya.

Selain Kota Makassar, rombongan juga melakukan visitasi di Kota Denpasar sebagai bagian dari program penguatan kepemimpinan nasional yang digelar Kementerian Agama RI.

PDAM Makassar