kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Indonesia Juara FIFAe World Cup 2024 Football Manager

Indonesia Jawara FIFAe World Cup 2024 Football Manager
Tim Garuda FIFAe World Cup 2024 (Dok: Int)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Indonesia mengukir prestasi yang gemilang di kancah game e-sport atau olahraga game. Tim Garuda berhasil juara dalam ajang FIFAe World Cup 2024 Football Manager.

Ajang ini berlangsung di Liverpool, Inggris pada pukul 17.00 WIB. Tapi masyarakat di Tanah Air juga bisa menyaksikan siaran langsungnya, yang tayang di kanal YouTube Timnas Indonesia Official dan FIFAe.

Pemprov Sulsel

Tim Indonesia sendiri diwakili oleh Ichsan Rahmat Taufiq dan Budi Muhamad Manar Hidayat. Dia mengalahkan wakil dari Jerman di babak final dan berhasil membawa pulang gelar FIFAe World Cup 2024 Football Manager.

Ichsan Rachmat berposisi sebagai manajer dan Budi selaku asisten manajer. Keduanya tampak kompak saat menghadapi Jerman yang diperkuat Sven Goly sebagai manajer dan T Wheneett selaku asisten

Adapun Tim Indonesia menang dengan skor 3-0 dan 5-2 sehingga secara total memimpin 8-2.

Perjuangan Ichsan Taufiq dan Manar Hidayat dimulai di FIFAe World Cup Football Manager 2024 setelah PSSI mengumumkan mencari pelatih virtual untuk ajang tersebut .

Pada ajang FIFAe World Cup Football Manager 2024 ini, 20 peserta dibagi ke dalam lima grup yang masing-masing terdiri dari 4 pemain di babak penyisihan.

Setiap grup akan diberi klub acak sebelum dimulainya babak penyisihan yang akan dikelola oleh semua pemain secara terpisah selama tiga musim, dengan hari pertama digunakan untuk persiapan dan setiap hari setelahnya digunakan untuk satu musim.

Pemain terbaik dari setiap grup setelah musim lalu akan lolos ke babak semifinal. Skor dilihat berdasarkan posisi liga, trofi yang didapatkan, dan tugas manajerial lainnya. Pemain juga dapat tereliminasi jika mereka dikeluarkan dari klub sebelum akhir musim ketiga.

Babak grup berlangsung selama 28 Agustus-1 September 2024. Indonesia tergabung di Grup C dan keluar sebagai juara grup dengan 364 poin, unggul dari Polandia (343 poin), Prancis (331 poin), Inggris (295 poin) dan India (265 poin).

Lalu babak semifinal dan final mengikuti format draft fantasi, setiap pemain memilih 25 pemain berdasarkan talent pool dan anggaran yang dialokasikan. Dari sana, mereka akan bertanding dalam babak eliminasi tunggal yang terdiri dari semifinal dua leg dan final dua leg untuk menentukan juara.

Babak semifinal hingga final pada 1-2 September. Di semifinal, Indonesia menang agregat 5-3 atas tim tuan rumah Inggris. Awalnya, mereka imbang 2-2, lalu menang 3-1.

Akhirnya di final, Indonesia berhasil menang 3-0 dan 5-2 atas Jerman, sehingga unggul agregat 8-2.

Sontak, netizen pun langsung menyambar kolom komentar di Instagram Timnas Indonesia setelah keberhasilan Ichsan Taufiq dan Manar Hidayat meraih juara.

Adapun turnamen ini diselenggarakan di Liverpool, Inggris. Ini adalah kali pertama FIFA melombakan Piala Dunia Football Manager. Mari lebih mengenal turnamen sepak bola virtual ini.

Turnamen Football Manager tingkat dunia ini sebenarnya adalah bagian dari FIFAe World Cup 2024. Jadi, turnamen ini diadakan oleh FIFA selaku badan otoritas sepak bola dunia.

FIFAe World Cup pertama kali digelar pada 2004, sejak saat itu sampai 2023, game yang dilombakan adalah ‘FIFA’ garapan EA Sports.

Kini, FIFA dan EA Sports tak lagi bekerja sama setelah merilis FIFA 23. EA meluncurkan game esports mereka sendiri yakni EA Sports FC. Di sisi lain, FIFAe World Cup memilih bermitra dengan game lain, yakni Football Manager garapan Sports Interactive dan Rocket League garapan Psyonix.

Turnamen perdana dua game itu berada dalam turnamen esport FIFA dihelat pada 2024. Indonesia mengirimkan wakilnya, yakni Manar Hidayat dan Ichsan Taufiq.

Setiap federasi yang berpartisipasi di Piala Dunia Football Manager diundang berdasarkan jumlah pemain aktif Football Manager pada 2024. Setiap negara biasanya mengirimkan satu wakil, sementara negara tuan rumah mengkualifikasi dua wakil.

Indonesia salah satu yang terpilih untuk bisa berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia Football Manager. Kemudian dipilihlah Ichsan Taufiq dan Manar Hidayat sebagai perwakilan dari Indonesia.

Sepak terjang Indonesia dalam ajang e-sport memang tidak diragukan lagi. Selain Football Manager, Indonesia juga unggul dalam permainan lainnya seperti Mobile Legends dan PUBG, Free Fire.

PDAM Makassar