kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Golkar Usung RMB-Andi Tenri Karta di Pilwalkot Palopo 2024

Golkar Usung RMB-Andi Tenri Karta di Pilwalkot Palopo 2024
Bakal calon wali Kota Palopo Rahmat Masri Bandaso (kedua kanan) menerima surat rekomendasi dukungan dari Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia di Jakarta (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar secara resmi mengusung Rahmat Masri Bandaso (RMB) sebagai calon Wali Kota Palopo, Sulawesi Selatan, dalam Pilwalkot yang akan dihelat serentak pada 27 November mendatang.

Dimana surat rekomendasi berformat B1-KWK tersebut diserahkan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia kepada Rahmat Masri Bandaso di kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa (06/08).

Pemprov Sulsel

Saat dikonfirmasi KabarMakassar.com, Rabu (7/8), mantan Ketua DPRD Palopo itu menyebut ada 7 bakal cakada yang menerima surat rekomendasi DPP Golkar pada hari ini.

“Alhamdulillah. Beberapa daerah satunya adalah paket RMB-Tenri Karta. Pada momen penyerahan rekomendasi saya bersama ibu Andi Tenri Karta,” ucap RMB sapaannya.

“Jadi setiap calon telah melalui proses seleksi yang ketat, dan kami yakin bahwa mereka adalah sosok-sosok yang mampu membawa perubahan positif bagi daerah mereka,”s ambung Ketua Golkar Palopo itu.

Diketahui, Andi Tenri Karta tidak lain merupakan Istri mantan Bupati Luwu, Andi Mudzakkar atau Andi Cakka. Munculnya Tenri menegaskan bahwa ia adalah calon wakil wali Kota Palopo pendamping RMB.

Dalam surat keputusan DPP Partai Golkar yang diperoleh Majesty, partai beringin rimbun memang mengesahkan RMB dan Andi Tenri Karta sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali Kota Palopo.

“Mengesahkan dan menetapkan Saudara Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, M.Si sebagai calon wali kota Palopo dan Saudari Hj. Andi Tenri Karta, S.AN sebagai calon wakil wali kota Palopo dari Partai Golkar pada Pilkada Serentak 2024,” demikian bunyi kesatu surat keputusan DPP Golkar yang diteken Ketua Umum Airlangga Hartarto dan Sekjen Lodewijk F. Paulus.

Dengan demikian, RMB-Tenri Karta sudah mencukupkan syarat untuk mendaftar ke KPU. Partai beringin meraih 6 kursi di DPRD Palopo hasil Pemilu 2024. Untuk ikut pilkada di Kota Idaman, setiap paslon minimal didukung 5 kursi partai.

Tenri Karta Kader Gerindra Sebelum namanya muncul sebagai kandidat 02 dari RMB Pilkada Palopo 2024, Tenri Karta sendiri tercatat sebagai kader Partai Gerindra.

Andi Tenri Karta pada Pemilu 2024 ikut terdaftar sebagai caleg Gerindra untuk DPRD Sulsel dari Dapil 11. Dapil ini meliputi Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara dan Luwu Timur.

Sebagai caleg Gerindra DPRD Sulsel, Andi Tenri Karta tidak terpilih. Perempuan kelahiran 9 Maret 1967 itu tercatat meraih 1.669 suara berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Sulsel.

Sementara itu, menjelang Pilkada serentak diketahui tinggal dua pekan pendaftaran ke KPU. Diprediksi diikuti 4 pasangan calon. Selain RMB-Tenri Karta, paslon lainnya adalah Farid Kasim Judas-Nurhaeni dengan membawa dukungan Nasdem.

Kemudian duet Trisal Tahir-Akhmad Syarifuddin atau Ome dengan dukungan Partai Demokrat serta mengeklaim rekomendasi Gerindra. Kandidat lainnya adalah Putri Dakka berduet Haidir Basir yang mengeklaim PDIP dan PAN.

Untuk diketahui, RMB tercatat sebagai Wakil Walikota Palopo selama dua periode. Ia pertama mendampingi almarhum Tenriadjeng yang meraih kemenangan telak tahun 2008 silam secara perdana dilakukan pemilih langsung oleh KPU Palopo.

Lalu, kala itu RMB yang ikut bertarung kalah melawang HM Judas Amir di Pilkada 2013 silam. Kemudian, 2018, HM Judas Amir sebagai petahana memilih RMB sebagai wakilnya untuk periode keduanya.

PDAM Makassar