kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

DPRD Sulsel Umumkan Pimpinan dan Ketua Fraksi Periode 2024-2029

DPRD Sulsel Umumkan Pimpinan dan Ketua Fraksi Periode 2024-2029
Rapat Paripurna DPRD Sulsel dengan agenda penetapan calon Pimpinan DPRD Provinsi Sulsel (Dok : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sementara, Andi Rachmatika Dewi, mengumumkan hasil penetapan perolehan kursi partai politik dalam Pemilihan Legislatif 2024.

Hal itu disampaikan pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan agenda penetapan Calon Pimpinan DPRD Sulsel masa jabatan tahun 2024-2029 dilaksanakan di Kantor DPRD Sulsel pada Senin (14/10).

Pemprov Sulsel

Andi Rachmatika Dewi, menyatakan bahwa pimpinan DPRD terdiri dari satu orang ketua dan empat orang wakil ketua untuk DPRD provinsi yang beranggotakan 85 orang sampai 100 orang yang berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD provinsi.

Sehingga, sesuai dengan penetapan perolehan kursi partai politik peserta pemilihan legislatif anggota DPRD Sulsel tahun 2024 bahwa urutan terbanyak yaitu dari Partai NasDem sebanyak 17 kursi, Golkar sebanyak 14 kursi, Gerindra sebanyak 13 kursi, PPP sebanyak 8 kursi dan PKB sebanyak 8 kursi.

“Maka kami pimpinan sementara DPRD Provinsi sudah mengirimkan surat ke masing-masing partai politik tingkat provinsi pada tanggal 26 September 2024 untuk mengumpulkan nama-nama anggotanya yang akan dipercayakan sebagai pimpinan definitif DPRD Provinsi Sulawesi Selatan,” ucap wanita yang akrab disapa Cicu ini.

“Alhamdulillah, sebagaimana diatur dalam penjelasan pasal 11 ayat 2 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah provinsi melalui pimpinan partai politik setempat mengajukan nama pimpinan DPRD provinsi sudah kami terima dan diumumkan,” sambungnya.

Ia menuturkan, setelah penetapan nama pimpinan DPRD Provinsi Sulsel, pihaknya akan segera mengirimkan nama-nama tersebut ke Kementerian Dalam Negeri agar dapat diterbitkan dengan waktu tidak terlalu lama dan segera di tindaklanjuti dengan rapat paripurna pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Provinsi Sulsel masa jabatan tahun 2024-2029.

“Selain nama-nama pimpinan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan juga di umumkan nama-nama ketua fraksi sesuai yang telah dimasukkan oleh partai politik,” tukasnya.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel sementara, Rahman Pina, selanjutnya, membacakan nama-nama calon pimpinan DPRD Provinsi Sulsel masa jabatan tahun 2024-2029 sesuai ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 Pimpinan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan sementara menetapkan melalui keputusan Dewan Pimpinan Pusat.

“Adapun nama-nama pimpinan DPRD provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Andi Rachmatika Dewi sebagai Ketua DPRD Sulawesi Selatan, Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan, Rahman Pina dari Golkar, Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan, Yasir Mahmud dari Gerindra, Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan, Sufriadi Arif dari PPP, Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan, dan Fauzi Andi Wawo dari PKB berdasarkan usulan partai politik,” urainya.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah menetapkan nama-nama ketua fraksi, berikut disertakan Struktur Pimpinan DPRD Sulsel Periode 2024-2029.

Ketua Fraksi NasDem, Muhammad Sadar, kemudian Golkar yaitu Lukman B Kady, Gerindra ada Fadel Muhammad Tauphan Ansar, PPP yakni Saharuddin, PKB adalah Zulfikar Limolang, PDIP yaitu Alimuddin, PKS ialah Mallarangan Tutu, Demokrat yakni Fadriyati, dan Hanura-PAN (Harapan) yaitu Irfan AB.

Lebih lanjut, Rahman Pina menerangkan, terkait komisi, saat ini tinggal meminta usulan dari masing-masing fraksi.

“Nantinya, pimpinan fraksi akan mengusulkan komposisi anggotanya, setelah itu di serahkan ke masing-masing komisi untuk memilih pimpinan komisi,” tukasnya.

Rahman Pina menekankan bahwa komisi perlu diusahakan secepatnya.

“Saya kira selesai bulan ini,” tutupnya.

PDAM Makassar