kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

DP2 Makassar Sediakan Vaksinasi Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan

DP2 Makassar Sediakan Vaksinasi Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan
(Foto : IST).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar menyediakan layanan vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing di Makassar Internasional Eight Festival and Forum (F8). Layanan ini tersedia dari hari pertama hingga hari terakhir festival.

Staf Dinas Perikanan dan Pertanian bidang peternakan dan kesehatan hewanMuh Setiawan, menyampaikan bahwa masyarakat yang memiliki kucing dan anjing yang belum divaksinasi dapat membawa hewan peliharaannya untuk mendapatkan vaksinasi gratis.

Pemprov Sulsel

“Untuk masyarakat yang memiliki kucing dan anjing yang belum divaksinasi, dapat membawa hewan peliharaan kesayangannya untuk mendapatkan vaksinasi,” ujarnya Sabtu (27/07).

Setiawan menambahkan bahwa kolaborasi dengan komunitas pecinta hewan di Makassar, puskesmas, tokoh masyarakat, dan kelurahan telah memungkinkan vaksinasi gratis ini dilakukan secara rutin.

“Kami menyediakan vaksinasi rabies karena selain dapat menyerang hewan peliharaan, juga dapat menular ke manusia,” jelasnya.

Petugas Vaksinasi, Drh. Nurmayanti, mengungkapkan bahwa vaksinasi rabies disarankan diberikan sekali setahun mulai dari usia hewan 4 bulan.

“Untuk vaksinasi rabies, disarankan diberikan sekali dalam setahun, sejak usia hewan berada di 4 bulan,” ungkapnya.

Selain vaksinasi rabies, beberapa jenis vaksinasi lainnya juga disarankan untuk kucing dan anjing.

“Untuk kucing, disarankan memberikan vaksin Panleukopenia, Calici Virus, dan Rihno Tracheitials, sedangkan untuk anjing, disarankan vaksinasi Distenper, Parvo Virus, Hepatitis, dan Lepto Spira,” jelas drh. Nurmayanti.

PDAM Makassar